LAPORAN MAGANG I DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

PRAYOGO, DIYAN and YULIANTI, EKA MIFTA and PUTRI, RAUDINA RILAWANI and SUSANTI, SUSANTI and RAMADHAN, TAUFIK (2025) LAPORAN MAGANG I DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21011008_21013071_21011024_21011059_21013114-MAGANG 1-ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21011008_21013071_21011024_21011059_21013114-MAGANG 1-BAB_1.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21011008_21013071_21011024_21011059_21013114-MAGANG 1-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text (BAB 3)
21011008_21013071_21011024_21011059_21013114-MAGANG 1-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB 4)
21011008_21013071_21011024_21011059_21013114-MAGANG 1-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21011008_21013071_21011024_21011059_21013114-MAGANG 1-BAB_5.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21011008_21013071_21011024_21011059_21013114-MAGANG 1-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kemacetan lalu lintas di kawasan Central Business District (CBD) Kabupaten Tulungagung menjadi permasalahan yang semakin kompleks seiring meningkatnya aktivitas transportasi. Kawasan ini merupakan pusat kegiatan ekonomi, pendidikan, dan sosial yang memicu lonjakan volume kendaraan, khususnya pada jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja ruas jalan dan memberikan solusi manajemen rekayasa lalu lintas guna meningkatkan tingkat pelayanan jalan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023. Pengumpulan data dilakukan melalui survei langsung di lapangan, meliputi volume lalu lintas, arah gerak kendaraan, dan data geometrik jalan. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 16 segmen jalan yang diteliti, Jalan Ahmad Yani Timur II memiliki tingkat pelayanan terburuk (LOS E) dengan derajat kejenuhan sebesar 0,91. Sementara itu, Jalan Jaksa Agung Suprapto I menunjukkan tingkat pelayanan terbaik (LOS A) dengan derajat kejenuhan sebesar 0,17. Rekomendasi solusi mencakup penerapan parkir off-street dan penyesuaian marka jalan untuk meningkatkan kapasitas dan mengurangi hambatan samping. Usulan ini terbukti mampu meningkatkan tingkat pelayanan dari E ke D pada Jalan Ahmad Yani Timur II dan dari D ke C pada Jalan Hasanuddin. Penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan manajemen rekayasa lalu lintas yang tepat untuk mengurangi kemacetan dan meningkatkan efisiensi jaringan jalan di kawasan perkotaan padat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21011024 21011024
Date Deposited: 26 Apr 2025 07:46
Last Modified: 26 Apr 2025 07:46
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3346

Actions (login required)

View Item View Item