ILLAHI, MUHAMMAD RAGIL (2022) DESAIN DAN SIMULASI LIFTER SEBAGAI ALAT BANTU PEMERIKSAAN BAGIAN BAWAH PADA KOLONG UJI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
19030592_KKW_ABSTRAK.pdf Download (351kB) |
|
Text (BAB 1)
19030592_KKW_BAB 1.pdf Download (533kB) |
|
Text (BAB 2)
19030592_KKW_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
19030592_KKW_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
19030592_KKW_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (809kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
19030592_KKW_BAB 5.pdf Download (533kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
19030592_KKW_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (738kB) | Request a copy |
Abstract
Pemeriksaan bagian bawah kendaraan bermotor merupakan bagian dari pemeriksaan persyaratan teknis. Pada proses pemeriksaan bagian bawah kendaraan, penguji harus masuk dalam kolong uji. Faktor postur tubuh penguji khususnya tinggi badan, berpengaruh terhadap jarak antara penguji dengan komponen yang akan diperiksa. Adapun Aktifitas pemeriksaan bawah tak lepas dari adanya resiko kecelakaan kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pada pemeriksaan bagian bawah kendaraan, membuat desain dan simulasi lifter sebagai alat bantu pemeriksaan bagian bawah pada kolong uji. Menghitung kebutuhan biaya pembuatan lifter sebagai alat bantu pemeriksaan bagian bawah kendaraan pada kolong uji. Pembuatan desain lifter sebagai alat bantu ini menggunakan pengumpulan data di UPUBKB Kota Palangka Raya melalui observasi di lapangan , dokumentasi dan studi literatur sebagai pendukung teori. Software yang digunakan pada desain lifter sebagai alat bantu pemeriksaan bagian bawah pada kolong uji menggunakan software solidworks 2018. Desain lifter yang dibuat menggunakan material baja AISI 1020 dan dilakukan simulasi pengujian von misses stress sebesar 150 Kg terhadap material untuk membuktikan bahwa desain lifter aman. Berdasarkan data distribusi beban yang diperoleh terdapat perbedaan tingkat deformasi pada setiap pembebanan yang diberikan pada posisi yang berbeda. Dimana tingkat deformasi tertinggi pada posisi di kiri rangka dengan nilai 4,83 mm dan tingkat deformasi terendah terdapat pada posisi Tengah, yaitu 0,77 mm.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain lifter, Pemeriksaan Bagian Bawah Kendaraan, Kolong Uji, Solidworks. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 19.03.0592 19.03.0592 |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 08:05 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 08:05 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/322 |
Actions (login required)
View Item |