WICAKSONO, KHOIRUDIN (2024) KAJIAN EKSPERIMENTAL PENURUNAN TEKANAN PADA SISTEM REM HIDROLIK. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
21031015_KKW_ABSTRAK.pdf Download (998kB) |
|
Text (BAB 1)
21031015_KKW_BAB 1.pdf Download (826kB) |
|
Text (BAB 2)
21031015_KKW_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
21031015_KKW_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
21031015_KKW_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
21031015_KKW_BAB 5.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
21031015_KKW_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) | Request a copy |
Abstract
Di Indonesia, kecelakaan kendaraan akibat kegagalan sistem pengereman hidrolik memiliki tingkat fatalitas yang tinggi. Kegagalan sistem rem hidrolik disebabkan karena vapor lock dan kebocoran yang berdampak pada penurunan tekanan pada sistem rem. Penelitian ini mengkaji pengaruh variasi penambahan udara dan luas penampang kebocoran terhadap dinamika tekanan dalam sistem rem hidrolik dengan pembebanan pedal 3, 4 dan 5 kg. Penelitian dilakukan pada penambahan volume udara dengan variasi 5, 10, 15, 20 dan 25 ml, serta pada luas penampang kebocoran 0.1964, 0.2828, 0.5028, 0.7857 dan 1.131 mm². Pada percobaan dengan variasi penambahan volume udara dengan pembebanan pedal 3 kg didapatkan rata-rata penurunan tekanan sebesar 1.432 bar, pembebanan pedal 4 kg didapatkan rata-rata penurunan tekanan sebesar 1.672 bar dan pembebanan pedal 5 kg didapatkan rata-rata penurunan sebesar 2.48 bar. Pada percobaan selanjuntya yaitu dengan variasi luas penampang kebocoran sebesar 0.1964, 0.2828, 0.5028, 0.7857 dan 1.131 mm² serta pembebanan pedal 3, 4 dan 5 kg. Dapat diketahui bahwa laju penurunan tekanan (2) akan meningkat seiring dengan meningkatnya luas penampang kebocoran dan juga pembebanan pedal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sistem rem hidrolik, penurunan tekanan, sensor tekanan, kebocoran |
Subjects: | Q Science > QC Physics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 21031015 21031015 |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 10:09 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 10:09 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3091 |
Actions (login required)
View Item |