ANALISIS HASIL UJI EFISIENSI REM BERDASARKAN JENIS BAN DAN KEDALAMAN ALUR BAN

LAKSONO, ALVIN NOOR (2022) ANALISIS HASIL UJI EFISIENSI REM BERDASARKAN JENIS BAN DAN KEDALAMAN ALUR BAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19030574-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (420kB)
[img] Text (BAB 1)
19030574-KKW-BAB_1.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 2)
19030574-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19030574-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19030574-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19030574-KKW-BAB_5.pdf

Download (126kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19030574-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy

Abstract

Data Komite Nasional Keselamatan Transportasi menyatakan bahwa 80% kecelakaan lalu lintas terjadi akibat pecah ban dan kegagalan dalam sistem pengereman. Salah satu penyebab terjadinya pecah ban dan kegagalan dalam sistem pengereman adalah kedalaman alur ban yang tipis. Karena kondisi kedalaman alur ban yang tipis berakibat kurangnya daya cengkram ban terhadap kondisi jalan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen untuk mengetahui bagaimana pengaruh jenis ban radial dan ban bias dengan variasi kedalaman alur ban kurang dari 1 mm, 2 mm dan 5 mm terhadap hasil uji efisiensi rem menggunakan brake tester, perlembatan pengereman dan jarak pengereman. Data setelah diperoleh kemudian disajikan dalam bentuk grafik dan data tersebut diolah mengunakana aplikasi SPSS. Diperoleh hasil penelitian bahwa hasil paling bagus tiap jenis banmenghasilkan sebagai berikut yaitu pada jenis ban radial dengan kondisi kedalaman alur ban 5 mm efisiensi rem sebesar 82%, perlambatan sebsar 8,03 m/dt2 dan jarak pengereman 0,002 m. Sedangkan pada jenis ban bias diperoleh pada kondisi kedalaman alur ban 5 mm efisiensi rem sebasar 76%, perlambatan sebesar 7,44 m/dt2 dan jarak pengereman 0,002 m. Pada penelitian ini didapatkan perbedaan hasil uji yaitu pada kondisi kedalaman alur ban yang tebal menghasilkan hasil uji efisiensi rem yang besar, perlambatan pengereman juga besar dan jarak pengereman yang pendek dibandingkan kondisi kedalman alur ban yang tipis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kedalaman Alur Ban, Efisiensi Rem, Perlambatan Pengereman, Jarak Pengereman
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 19.03.0574 19.03.0574
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:31
Last Modified: 12 Aug 2022 03:31
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item View Item