MANAJEMEN LALU LINTAS PADA SIMPANG TAK BERSINYAL (STUDI KASUS SIMPANG SEMAR, SURAKARTA)

FIRMANDA, BAGAS (2024) MANAJEMEN LALU LINTAS PADA SIMPANG TAK BERSINYAL (STUDI KASUS SIMPANG SEMAR, SURAKARTA). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19010658_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (465kB)
[img] Text (BAB I)
19010658_SKRIPSI_BAB I.pdf

Download (65kB)
[img] Text (BAB II)
19010658_SKRIPSI_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
19010658_SKRIPSI_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
19010658_SKRIPSI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
19010658_SKRIPSI_BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19010658_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Simpang Semar merupakan simpang tiga tak bersinyal yang berada di Kota Surakarta. Simpang Semar berada di kawasan komersial dengan arus lalu lintas yang tinggi pada jam sibuk tertentu, sehingga menimbulkan permasalahan lalu lintas seperti konflik lalu lintas yang tinggi serta antrian kendaraan yang panjang. Untuk mengatasi permasalahan di simpang, diperlukan manajemen simpang yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kinerja Simpang Semar Kota Surakarta dengan menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023, mengetahui kondisi konflik pada Simpang Semar, dan upaya meningkatkan kinerja pada Simpang Semar melalui permodelan software VISSIM. Tingkat keselamatan dianalisis menggunakan SSAM untuk mengukur jumlah konflik pada model eksisting dan model rekomendasi. Alternatif penanganan ini menerapkan pemasangan APILL 2 fase pada skenario 1, dan pemasangan APILL 3 fase skenario 2. Alternatif penanganan yang dipilih adalah pemasangan APILL 2 fase dengan dengan waktu siklus 91 detik. Dari pemberlakuan Skenario satu ini dapat menurunkan konflik pada Simpang Semar. Pemberlakuan skenario ini menyebabkan panjang antrian rata-rata 129,6 meter dan tundaan rata-rata 18,05 detik, dengan tingkat pelayanan simpang B.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Simpang Semar, Kinerja Simpang, Vissim, SSAM
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 19.01.0658 19.01.0658
Date Deposited: 22 Aug 2024 04:05
Last Modified: 22 Aug 2024 04:05
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3067

Actions (login required)

View Item View Item