IMPLEMTASI TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY DISIPLIN BERLALU LINTAS SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN SEKOLAH MENENGAH ATAS

CAESARA, ANDYTA PUTRA (2024) IMPLEMTASI TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY DISIPLIN BERLALU LINTAS SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN SEKOLAH MENENGAH ATAS. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20013082-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (443kB)
[img] Text (BAB 1)
20013082-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (63kB)
[img] Text (BAB 2)
20013082-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20013082-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20013082-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20013082-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (60kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20013082-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas di Indonesia terus meningkat setiap tahun, dengan kelompok usia 15-29 tahun, terutama siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), menjadi korban terbanyak. Di SMA Negeri 1 Teras, Boyolali, rendahnya disiplin berlalu lintas di kalangan siswa meningkatkan risiko kecelakaan. Belum adanya penyuluhan terkait disiplin berlalu lintas yang dilakukan oleh pihak sekolah dan pembuatan media yang mampu meningkatkan pemahaman disiplin berlalu lintas. Penelitian ini bertujuan merancang media penyuluhan disiplin berlalu lintas berbasis teknologi virtual reality yang ditujukan untuk siswa SMA. Teknologi ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang imersif dan interaktif, sehingga mempermudah siswa memahami dan menginternalisasi konsep disiplin berlalu lintas. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE, dimulai dari analisis kebutuhan ( Analysis), perancangan storyboard (Design), produksi video (Development), Implementasi kepada siswa SMA ( Implementation), dan evaluasi efektivitas media yang telah dikembangkan (Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi oleh ahli yaitu ahli materi materi nilai 80, ahli media nilai 94 dan, ahli pendidikan nilai 90. Dengan hasil tersebut menunjukan bahwa media Virtual reality disiplin berlalu lintas mampu menjadi media dengan pemanfaatan teknologi yang memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya disiplin berlalu lintas. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata hasil posttest sebesar 15% dibandingkan dengan hasil pretest. Virtual reality terbukti efektif tidak hanya sebagai media pembelajaran yang menarik dan interaktif, tetapi juga sebagai alat yang mampu membantu siswa memahami dan menerapkan prinsipprinsip disiplin berlalu lintas dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: disiplin berlalu lintas, penyuluhan, virtual reality, siswa SMA
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: ANDYTA PUTRA CAESARA
Date Deposited: 19 Aug 2024 01:02
Last Modified: 19 Aug 2024 01:02
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3039

Actions (login required)

View Item View Item