PENGARUH BAN VULKANISIR DENGAN VARIASI BEBAN MUATAN TERHADAP PENGEREMAN MOBIL BARANG MENGGUNAKAN METODE ROAD TEST

WIBOWO, RIZKI HERMAWAN (2024) PENGARUH BAN VULKANISIR DENGAN VARIASI BEBAN MUATAN TERHADAP PENGEREMAN MOBIL BARANG MENGGUNAKAN METODE ROAD TEST. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
21031052-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (664kB)
[img] Text (BAB 1)
21031052-KKW-BAB_1.pdf

Download (77kB)
[img] Text (BAB 2)
21031052-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21031052-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21031052-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
21031052-KKW-BAB_5.pdf

Download (73kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21031052-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas di jalan disebabkan oleh berbagai macam faktor diantaranya : faktor Sumber Daya Manusia, faktor kendaraan, faktor lingkungan dan faktor prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ban vulkanisir dengan beban muatan terhadap pengereman yang dilakukan pada kondisi jalan aspal kering dan basah. Pengujian road test dapat dilakukan sebagai alternatif cara mengetahui hasil pengereman tanpa menggunakan alat uji brake tester. Dengan menghitung perlambatan rumus s= 〖v/2a〗^2 dengan kecepatan 40 km/jam. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk mengetahui variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian ini menggunakan jenis ban orisinil dan vulkanisir dengan beban muatan dibawah JBI, sesuai JBI, dan diatas JBI. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu jenis ban dan beban muatan kemudian variabel terikat pada penelitian ini yaitu efisiensi pengereman yang akan dihitung melalui perlambatan dengan rumus s= 〖v/2a〗^2 Efisiensi rem terbesar dari penelitian ini terjadi pada saat pengereman yang dilakukan dengan variasi jenis ban orisinil dan beban muatan dibawah JBI. Efisiensi rem terkecil dari penelitian ini terjadi pada saat pengereman yang dilakukan dengan variasi jenis ban vulkanisir dan beban muatan diatas JBI. Pengaruh jenis ban vulkanisir dan beban muatan terhadap pengereman sama-sama berpengrauh signifikan pada kondisi jalan aspal kering dan basah. Namun pada saat pengujian road test yang dilakukan, pada kondisi jalan aspal kering mendapatkan efisiensi pengereman lebih baik daripada kondisi jalan aspal basah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ban vulkanisir, beban muatan, road test, efisiensi rem
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 21031052 21031052
Date Deposited: 19 Aug 2024 01:06
Last Modified: 19 Aug 2024 01:06
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3037

Actions (login required)

View Item View Item