PRAMONO, ARIF SRI (2024) KERTAS KERJA WAJIB KOMPARASI PENGGUNAAN CATALYTIC CONVERTER BERBAHAN KUNINGAN DAN NIKEL TERHADAP EMISI GAS BUANG MESIN BENSIN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
21031037-KKW-ABSTRAK.pdf Download (992kB) |
|
Text (BAB 1)
21031037-KKW-BAB_1.pdf Download (137kB) |
|
Text (BAB 2)
21031037-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
21031037-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
21031037-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
21031037-KKW-BAB_5.pdf Download (117kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
21031037-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
Abstract
Jumlah kendaraan bermotor meningkat setiap tahun, termasuk sepeda motor yang meningkatkan emisi gas buang dan menurunkan kualitas udara, menyebabkan berbagai penyakit seperti kesulitan bernapas. Salah satu cara untuk mengurangi dampak emisi gas buang adalah dengan menambahkan alat pengendali emisi seperti catalytic converter. Catalytic converter mempercepat oksidasi gas buang, mengubah CO menjadi CO2 dan HC menjadi H2O, sehingga emisi gas buang menjadi lebih bersih. Pemasangan catalytic converter yang menggunakan bahan logam katalis seperti Pb, Pt, dan Rh memerlukan biaya yang tinggi, sulit didapat, dan kelimpahannya terbatas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan kendaraan bermotor jenis pick up Daihatsu Gran Max. Pengujian emisi gas CO dan HC dilakukan dengan knalpot standar dan knalpot dengan catalytic converter berbahan kuningan dan nikel pada putaran mesin idle, 1500 rpm, dan 3500 rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan knalpot dengan catalytic converter berbahan kuningan menurunkan kadar emisi gas buang CO sebesar 87% dan HC sebesar 21,6% pada putaran mesin 3500 rpm. Sementara itu, knalpot dengan catalytic converter berbahan nikel mampu menurunkan kadar CO sebesar89,7% dan HC sebesar 24,4% pada putaran mesin 3500 rpm.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Catalytic converter, katalis kuningan, katalis nikel, emisi gas CO dan HC |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 21031037 21031037 |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 01:07 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 01:07 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3036 |
Actions (login required)
View Item |