PENENTUAN PRIORITAS PENANGANAN JALAN YANG BERKESELAMATAN PADA DAERAH RAWAN KECELAKAAN DI KOTA PEKALONGAN DENGAN METODE ANALISIS HIRARKI PROSES (AHP)

NUR, ANDI MUHAMAD (2024) PENENTUAN PRIORITAS PENANGANAN JALAN YANG BERKESELAMATAN PADA DAERAH RAWAN KECELAKAAN DI KOTA PEKALONGAN DENGAN METODE ANALISIS HIRARKI PROSES (AHP). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20011034_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (431kB)
[img] Text (BAB 1)
20011034_SKRIPSI_BAB_1.pdf

Download (82kB)
[img] Text (BAB 2)
20011034_SKRIPSI_BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20011034_SKRIPSI_BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20011034_SKRIPSI_BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20011034_SKRIPSI_BAB_5.pdf

Download (82kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20011034_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kota Pekalongan mencatat 518 kecelakaan selama periode tahun 2020-2023 dengan 124 korban meninggal dunia, 3 luka berat dan 523 luka ringan. Penelitian ini fokus pada penentuan prioritas penanganan jalan di daerah rawan kecelakaan, yaitu Jalan Gajah Mada, Jalan Jendral Sudirman, dan Jalan Dr. Sutomo, menggunakan Metode Analisis Hirarki Proses (AHP) dan diagram Fishbone untuk mengidentifikasi penyebab kecelakaan pada daerah rawan kecelakaan dimana sebab kecelakaan tersebut menjadi kriteria dalam melakukan penanganan. Hasil diagram Fishbone diperoleh faktor-faktor utama yang menyebabkan kecelakaan adalah tidak tertib, lengah, kecepatan tinggi, serta kondisi buruk marka jalan, rambu lalu lintas, dan perkerasan jalan. Metode AHP digunakan untuk menentukan prioritas dari berbagai kriteria yang mempengaruhi kecelakaan. Hasil penilaian AHP menunjukan prioritas penanganan pada jalan Gajah Mada adalah kecepatan tinggi dengan nilai bobot sebesar 0,046, kondisi rambu nilai bobot sebesar 0,040, dan rigid pavement nilai bobot sebesar 0,066. Jalan Dr. Sutomo prioritas penanganannya adalah tidak tertib dengan nilai bobot sebesar 0,068, kondisi marka nilai bobot sebesar 0,051, dan hot rolled sheet nilai bobot 0,067. Kemudian jalan Jendral Sudirman prioritas penanganannya adalah lengah 0,050, kondisi rambu nilai bobot 0,045, dan hot rolled sheet nilai bobot 0,054.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, Prioritas Penanganan, Analisis Hirarki Proses
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: ANDI MUHAMAD NUR
Date Deposited: 19 Aug 2024 01:09
Last Modified: 19 Aug 2024 01:09
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3033

Actions (login required)

View Item View Item