PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADITIF CETANE BOOSTER PADA KENDARAAN BERBAHAN BAKAR SOLAR

P, NI KOMANG META JAYANTI (2024) PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADITIF CETANE BOOSTER PADA KENDARAAN BERBAHAN BAKAR SOLAR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
21031020-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (548kB)
[img] Text (BAB 1)
2103010-KKW-BAB_1.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB 2)
21031020-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21031020-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21031020-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
21031020-KKW-BAB_5.pdf

Download (131kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21031020-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Banyak masyarakat saat ini menggunakan zat aditif untuk meningkatkan kinerja mesin dengan mencampurkannya langsung ke bahan bakar. Penggunaan zat aditif dapat membantu menurunkan suhu mesin saat mengalami pemanasan berlebih, yang berpotensi memperpanjang umur kendaraan. Selain itu, penambahan zat aditif pada kendaraan juga dapat mengurangi opasitas emisi gas buang, membantu mengurangi pencemaran lingkungan melalui udara atau asap kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh emisi gas buang, kinerja mesin, dan temperatur suhu mesin pada kendaraan Hiace yang menggunakan bahan bakar B35. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menerapkan zat aditif Lupromax dan 2-EHN. Pengukuran dilakukan pada posisi kendaraan dalam keadaan idle pada putaran mesin penuh. Kinerja mesin diukur menggunakan dynamometer, sedangkan temperatur suhu mesin dan emisi gas buang diukur menggunakan scan tools dan smoke tester secara bergantian. Penggunaan campuran B35+2,5% Lupromax dapat meningkatkan torsi mesin hingga 15,2% pada 4200 RPM dan daya hingga 18,5% pada 4000 RPM karena peningkatan cetane number yang meningkatkan efisiensi pembakaran. Lupromax Diesel Fuel Treatment 2,5% juga mengurangi suhu mesin pada rentang 2600-4200 RPM berkat kandungan Anti-Wear-nya. Selain itu, penambahan Lupromax 1,5% dalam bahan bakar solar mengurangi opasitas emisi gas buang hingga 25,55%, lebih tinggi daripada 2-EHN yang hanya mampu mengurangi sebesar 18,16%. Ini menunjukkan potensi besar Lupromax untuk mengurangi polusi udara. Kata Kunci : Zat Aditif, Kinerja Mesin, Emisi Gas Buang, Temperatur Suhu Mesin

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Zat Aditif, Kinerja Mesin, Emisi Gas Buang, Temperatur Suhu Mesin
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 21031020 21031020
Date Deposited: 08 Aug 2024 04:09
Last Modified: 08 Aug 2024 04:09
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3001

Actions (login required)

View Item View Item