SIMULASI ALIRAN DAN HAMBATAN UDARA PADA MOBIL BARANG BAK TERBUKA OVER DIMENSION MENGGUNAKAN ANSYS FLUENT

LUNIKAS, GRIZKE NUSANTARI (2024) SIMULASI ALIRAN DAN HAMBATAN UDARA PADA MOBIL BARANG BAK TERBUKA OVER DIMENSION MENGGUNAKAN ANSYS FLUENT. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
21031044-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (531kB)
[img] Text (BAB 1)
21031044-KKW-BAB_1.pdf

Download (68kB)
[img] Text (BAB 2)
21031044-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21031044-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21031044-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
21031044-KKW-BAB_5.pdf

Download (67kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21031044-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy

Abstract

Pemuatan yang salah pada kendaraan mobil barang bak terbuka sering kali disepelekan, padahal hal tersebut dapat meningkan resiko terjadinya kecelakaan. Muatan yang melebihi aturan dapat meningkatkan nilai dari hambatan udara. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari bagaimana titik tekanan aliran udara dan pengaruh muatan over dimension pada koefisien drag (hambatan udara). Metode yang digunakan untuk mencari nilai dari koefisien drag dan aliran udara menggunakan perangkat Ansys dengan simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics) dengan kecepatan yang divariasikan pada dua kondisi kendaraan yang berbeda. Dari hasil simulasi yang telah dilakukan didapatkan berupa titik tekanan aliran udara dan nilai koefisien drag . Tekanan aliran udara pada titik stagnasi kendaraan muatan standar berturut turut dari 30km/jam 56,4 pascal, 40km/jam 100 pascal, 50km/jam 156 pascal, dan 70km/jam 305 pascal, sedangkan untuk kendaraan muatan over dimension kecepatan 30km/jam 70,9 pascal, 40km/jam 126,5 pascal, 50km/jam 197,5 pascal, dan 70km/jam 394,5 pascal. Nilai koefisien drag pada kendaraan muatan standar di kecepatan 30km/jam sebesar 0.750, 40km/jam sebesar 0.752, 50km/jam sebesar 0.753 dan kecepatan 70km/jam sebesar 0.756. Pada kendaraan muatan over dimension di kecepatan 30km/jam sebesar 0.987, 40km/jam sebesar 0.989, 50km/jam sebesar 0.990 dan 70km/jam sebesar 0.992.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hambatan Udara, Over Dimension, Koefisien Drag, CFD
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 21031044 21031044
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:45
Last Modified: 08 Aug 2024 02:45
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3000

Actions (login required)

View Item View Item