RANCANG BANGUN APLIKASI IDENTIFIKASI DAERAH RAWAN KECELAKAAN DI KOTA SUKABUMI

KURNIA, RAYHAN RESTU (2024) RANCANG BANGUN APLIKASI IDENTIFIKASI DAERAH RAWAN KECELAKAAN DI KOTA SUKABUMI. Post-Doctoral thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20013082-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (443kB)
[img] Text (BAB 1)
20013082-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (63kB)
[img] Text (BAB 2)
20013082-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20013082-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20013082-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20013082-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (60kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20013082-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya pemanfaatan teknologi untuk analisis data kecelakaan dapat menghambat visualisasi dan identifikasi daerah rawan kecelakaan jalan yang efektif. Metode EAN and BKA diusulkan untuk melakukan identifikasi daerah rawan kecelakaan jalan pada pembuatan aplikasi berbasis website yang mampu melakukan perhitungan dan penentuan secara otomatis dengan visualiasi berupa peta dinamis dan grafik. Aplikasi dibangun menggunakan model Extreme Programming (XP) yang terdiri dari tahap planning, design, coding, dan testing. Aplikasi identifikasi daerah rawan kecelakaan jalan yang mampu melakukan perhitungan otomatis dan dinamis menggunakan metode EAN dan BKA dengan pengkodean PHP, bentuk penyajian informasi dan maps dinamis, serta secara fungsional dapat diterima dan digunakan berdsarakan hasil black box testing. Identifikasi daerah rawan kecelakaan di Kota Sukabumi dengan data kecelakaan tahun 2019-2023 menggunakan aplikasi yang diusulkan memiliki kesamaan hasil hitung dan kategori. Karakteristik kejadian kecelakaan jalan dengan jenis kecelakan tunggal terbanyak, penyebab terbanyak dari faktor manusia, jenis tabrakan terbanyak dengan tabrak depan-depan, dan waktu kejadian sering terjadi pada 18:00-24:00. Hasil identifikasi aplikasi menghasilkan terdapat 5 ruas jalan daerah rawan kecelakaan. Pemasangan rambu lalu lintas, perbaikan/perawatan infrastruktur jalan, rekayasa lalu lintas perlu dilakukan untuk meningkatkan keselamatan daerah rawan kecelakaan jalan. Aplikasi yang diusulkan dapat membantu proses identifikasi daerah rawan kecelakaan jalan lebih cepat, akurat, dan optimal.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, Identifikasi Daerah Rawan Kecelakaan, Aplikasi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: RAYHAN RESTU KURNIA
Date Deposited: 06 Aug 2024 01:44
Last Modified: 06 Aug 2024 04:49
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2978

Actions (login required)

View Item View Item