ARIFIN, MUHAMMAD SAMSUL (2022) ANALISIS RENCANA PENERAPAN ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZOSS) DI SMA PGRI 1 DAN SMK PGRI 2 TAMAN (STUDI KASUS : JL. DOKTOR WAHIDIN, KABUPATEN PEMALANG). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
18010557-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
18010557-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (64kB) |
|
Text (BAB 2)
18010557-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
18010557-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
18010557-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
18010557-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (63kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
18010557-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
Abstract
Zona Selamat Sekolah (ZoSS) merupakan bagian dari kegiatan manajemen dan rekayasa lalu lintas berupa kegiatan pemberian prioritas keselamatan dan kenyamanan pejalan kaki pada kawasan sekolah. Dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas guna menjamin keselamatan anak di sekolah. Belum adanya ZoSS di kawasan Pendidikan SMA PGRI 1 dan SMK PGRI 2 Taman berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Tujuan penelitian untuk menganalisis kondisi karakteristik lalu lintas, pejalan kaki dan rencana penerapan ZoSS di SMA PGRI 1 dan SMK PGRI 2 Taman. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif. Sampel data diambil menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel total 287 kendaraan. Hasil survei volume lalin diperoleh sepeda motor (MC) 163 kendaraan, kendaraan ringan (LV) 100 kendaraan, dan kendaraan berat (HV) 24 kendaraan. Pengambilan data dilakukan dengan survei inventarisasi jalan, survei volume lalu lintas, survei kecepatan, dan volume pejalan kaki. Berdasarkan hasil analisis survei volume kendaraan (smp/jam) sebanyak 705,65. V/C Ratio yang didapat sebesar 0,47 dengan tingkat pelayanan (LOS) C. Untuk kecepatan P-85 kendaraan arah Timur ke Barat untuk sepeda Motor (MC) 52 km/jam, kendaraan ringan (LV) 46 km/jam, kendaraan berat (HV) 28 km/jam. Sedangkan kecepatan P-85 kendaraan arah Barat ke Timur untuk sepeda Motor (MC) 55 km/jam, kendaraan ringan (LV) 50 km/jam, kendaraan berat (HV) 29 km/jam artinya kendaraan yang melintas (sepeda motor dan kendaraan ringan) diruas jalan Dr. Wahidin melebihi batas kecepatan dikawasan pendidikan yaitu 30 km/jam sehingga dibutuhkan penerapan ZoSS yang menunjang keselamatan pejalan kaki di sekolah. Kata kunci : Zona Selamat Sekolah, Keselamatan, Pejalan kaki.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Zona Selamat Sekolah, Keselamatan, Pejalan kaki. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 18.01.0557 18.01.0557 |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 02:41 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 02:41 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/292 |
Actions (login required)
View Item |