ANGGRAENI, INNEKE WIDYA (2024) ANALISIS PRIORITAS PENANGANAN KESELAMATAN JALAN PADA KLASIFIKASI MEDAN JALAN DATAR DAN BUKIT KOTA SEMARANG (STUDI KASUS : JL. SILIWANGI & JL. PROF.HAMKA). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20011043-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (702kB) |
|
Text (BAB 1)
20011043-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (82kB) |
|
Text (BAB 2)
20011043-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20011043-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20011043-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
20011043-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (79kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20011043-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data kontur geospasial Kota Semarang, Kota Semarang memiliki kontur cenderung pada medan bukit dan datar dengan nilai rata-rata kelandaian medan tidak lebih dari 30%. Sesuai dengan data kecelakaan Polrestabes Semarang pada tahun 2019-2023, ruas jalan medan bukit Jl. Prof. Hamka dan ruas jalan medan datar Siliwangi masuk ke dalam daerah rawan kecelakaan Kota Semarang. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi eksisting ruas jalan medan bukit Jl. Prof. Hamka dan ruas jalan medan datar Jl. Siliwangi. Menganalisis faktor penyebab kecelakaan dan menganalisis potensi bahaya serta memberikan penanganan pada ruas Jalan Prof. Hamka dan ruas Jl. Siliwangi dengan menggunakan metode Hazard Identification Risk Assesment and Risk Control (HIRARC) dengan teori Mulyono dan juga menggunakan metode Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat segmen jalan yang memiliki nilai kategori tidak berbahaya, berbahaya, dan sangat berbahaya. Untuk segmen di ruas Jl. Prof. Hamka memiliki nilai kategori risiko tidak berbahaya dan berbahaya, sedangkan di ruas Jl. Siliwangi memiliki nilai kategori risiko sangat berbahaya. Oleh karena itu, dilakukan peningkatan keselamatan dengan memberikan upaya rekomendasi penanganan pada daerah rawan kecelakaan di ruas jalan medan bukit Jl. Prof. Hamka dan ruas jalan medan datar Jl. Siliwangi dengan menggunakan metode HIRARC dan metode KNKT yaitu dengan melakukan pemasangan dan perawatan rambu lalu lintas, pengecatan marka pemisah lajur dan marka garis tepi, serta melakukan perbaikan permukaan jalan yang rusak. Selain itu, melakukan penyesuaian alinyemen vertikal di titik rawan kecelakaan dan juga pemasangan speedcam serta cctv di ruas jalan tersebut. Kata Kunci : Keselamatan Jalan, Medan Jalan, Risiko
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keselamatan Jalan, Medan Jalan, Risiko |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | INNEKE WIDYA ANGGRAENI |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 01:50 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 01:50 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2918 |
Actions (login required)
View Item |