RANCANG BANGUN DIESEL PARTIKULAT FILTER JENIS HONEYCOMB BERBAHAN GALVALUM TERHADAP EMISI GAS BUANG, TEKANAN BALIK DAN PERFORMA MESIN PADA KENDARAAN MITSUBISHI L300

NADZIR, AGHISNA FADHIL KHOIRU (2024) RANCANG BANGUN DIESEL PARTIKULAT FILTER JENIS HONEYCOMB BERBAHAN GALVALUM TERHADAP EMISI GAS BUANG, TEKANAN BALIK DAN PERFORMA MESIN PADA KENDARAAN MITSUBISHI L300. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

This is the latest version of this item.

[img] Text (ABSTRAK)
21031001-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (515kB)
[img] Text (BAB 1)
21031001-KKW- BAB_1.pdf

Download (63kB)
[img] Text (BAB 2)
21031001-KKW- BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text (BAB 3)
21031001-KKW- BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text (BAB 4)
21031001-KKW- BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB 5)
21031001-KKW- BAB_5.pdf

Download (69kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21031001-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)

Abstract

Inovasi teknologi otomotif berkembang semakin pesat. Salah satu teknologi untuk mengendalikan emisi gas buang pada motor diesel adalah Diesel Particulate Filter (DPF). DPF ini digunakan untuk menyaring asap hitam (smog) yang keluar dari knalpot motor diesel. DPT diletakkan pada saluran gas buang tepatnya sebelum muffler. Penggunaan DPF diketahui sangat efektif untuk mereduksi emisi tingkat ketebalan asap. Namun, penelitian tentang pengaruh penggunaan DPT terhadap tekanan balik gas buang dan performa mesin belum banyak dilakukan pada mobil khususnya kendaraan niaga. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil uji penambahan diesel partikulat filter dengan desain honeycomb terhadap emisi gas buang, tekanan balik gas buang, dan performa mesin pada kendaraan Mitsubishi L300. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksperimen. Obyek dalam penelitian ini adalah mobil Mitsubishi L300 tipe 4D56. DPF menggunakan desain honeycomb berbahan galvalum dilakukan variasi penambahan glasswool sebesar 50 gram, 100 gram, 150 gram. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif kuantitatif. Pengolahan data hasil penelitian berupa angka – angka yang diperoleh dimasukkan kedalam tabel dan ditampilkan dalam bentuk grafik agar setiap perubahan dari hasil pengujian mudah dimengerti dan dipahami. Hasil pengujian menunjukkan bahwa, penggunaan DPF berbahan galvalum dapat mereduksi emisi gas buang terbesar pada penambahan filter 150 gram dengan penurunan sebesar 37%. Peningkatan tekanan balik gas buang sebesar 3 in/Hg pada penambahan filter 150 gram. Penurunan torsi tertinggi sebesar, 2,5% terjadi pada putaran 2070 rpm. penurunan daya tertinggi yang dihasilkan mesin sebesar 7,3% pada putaran 3381 rpm, jika dibandingkan dengan knalpot standar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: diesel partikulat filter, honeycomb, emisi gas buang, tekanan balik, performa mesin
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 21031001 21031001
Date Deposited: 29 Jul 2024 07:12
Last Modified: 29 Jul 2024 07:12
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2914

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item