UPAYA PENINGKATAN JALAN YANG BERKESELAMATAN PADA RUAS JALAN RAYA BALONGBENDO KABUPATEN SIDOARJO

PUTRI, LAKSYA MUTIARA (2022) UPAYA PENINGKATAN JALAN YANG BERKESELAMATAN PADA RUAS JALAN RAYA BALONGBENDO KABUPATEN SIDOARJO. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18010494-SKRIPSI-ABSTRACT.pdf

Download (621kB)
[img] Text (BAB 1)
18010494-SKRIPSI-BAB_I.pdf

Download (386kB)
[img] Text (BAB 2)
18010494-SKRIPSI-BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18010494-SKRIPSI-BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18010494-SKRIPSI-BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18010494-SKRIPSI-BAB_V.pdf

Download (387kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010494-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Keselamatan lalu lintas sangat erat hubungannya dengan perwujudan jalan yang berkeselamatan. Jalan yang berkeselamatan tujuannya untuk mencegah terjadinya tabrakan yang melibatkan infrastruktur jalan. Pada kenyataannya angka kecelakaan di Indonesia semakin meningkat, salah satunya di ruas Jalan Raya Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. menurut data Polres Kabupaten Sidoarjo, kecelakaan dari tahun 2018 sampai 2020 terjadi sebanyak 5.080 kejadian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daerah rawan kecelakaan dan mengidentifikasi hazard dengan tingkat risikonya, selanjutnya diberikan usulan penanganan terhadap risiko kecelakaan. Peningkatkan jalan yang berkeselamatan pada Daerah Rawan Kecelakaan, dilakukan dengan analisis Hazard Identification and Risk Assessment (HIRARC) menggunakan metode Australian Standard/New Zealand Standard for Risk Management. Hasil dari penelitian ini yaitu Jalan Raya Balongbendo merupakan daerah rawan kecelakaan yang memiliki kondisi infrastruktur jalan dan ketersediaan perlengkapan jalan yang masih kurang baik kondisinya. Dari hasil analisis HIRARC menggunakan metode Australian Standard didapatkan tingkat risiko tinggi sebesar 56%, tingkat risiko sedang sebesar 36%, dan tingkat risiko rendah sebesar 8%. Usulan penanganan yang dapat dilakukan berupa manajemen hazard, manajemen kecepatan, memperbaiki infrastruktur jalan, dan memenuhi perlengkapan jalan yang sesuai dengan standar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jalan yang Berkeselamatan, Kecelakaan, HIRARC, Kecepatan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0494 18.01.0494
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:28
Last Modified: 15 Aug 2022 01:17
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item View Item