UJI SIDE SLIP KENDARAAN DUMP TRUCK BERDASARKAN KERUSAKAN SISTEM KEMUDI DAN SUSPENSI MENGGUNAKAN SPIDER CHART

UMAH, AMALIYATUL (2024) UJI SIDE SLIP KENDARAAN DUMP TRUCK BERDASARKAN KERUSAKAN SISTEM KEMUDI DAN SUSPENSI MENGGUNAKAN SPIDER CHART. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
21031035-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (684kB)
[img] Text (BAB 1)
21031035-KKW-BAB 1.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 2)
21031035-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21031035-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21031035-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
21031035-KKW-BAB 5.pdf

Download (107kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21031035-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan kendaraan menjadi masalah yang sangat serius. Dari tahun ke tahun jumlah kecelakaan di Indonesia semakin meningkat, yang rata-rata disebabkan oleh human error dan kerusakan pada kendaraan. Masalah kecelakaan pada kendaraan dump truck yang hilang kendali dan akibat sistem kemudinya bermasalah yaitu sistem kemudi terkunci sehingga tidak bisa dibelokkan. Sistem kemudi dan suspensi merupakan faktor yang mempengaruhi kincup roda depan. Perlu adanya penelitian terhadap kerusakan sistem kemudi dan suspensi yang berpengaruh terhadap hasil uji side slip tester. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Metode kuantitatif adalah metode yang menitikberatkan pada pengukuran dan analisis menggunakan statistik. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode grafis yaitu diagram jaring laba-laba atau spider chart. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kerusakan komponen sistem kemudi dan suspensi yang dikategorikan berdasarkan tingkat kerusakannya, nilai dari spider chart, dan hasil uji side slip tester yang disajikan dalam bentuk diagram laba-laba. Hasil dari pemeriksaan persyaratan teknis adalah 15 sampel kendaraan dumptruck, kerusakan yang banyak terjadi yaitu kerusakan pada ball joint sejumlah 4, leafspring sejumlah 11, klip spring sejumlah 2, dan shock absorber sejumlah 2. Hasil uji side slip tester dengan sampel 15 kendaraan dump truck paling tinggi sebesar -13.3 mm/m dengan kerusakan karet boot pada ball joint pecah dan shock absorber yang oblak. Hasil uji side slip tester terendah dari kendaraan yang rusak sebesar -1.2 mm/m dengan kerusakan leafspring yang bergeser. Kata kunci : Kerusakan Komponen Kendaraan, Uji Side Slip, Dump Truck, Spider Chart

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan Komponen Kendaraan, Uji Side Slip, Dump Truck, Spider Chart
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: 21031035 21031035
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:03
Last Modified: 29 Jul 2024 03:03
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2898

Actions (login required)

View Item View Item