PRABANDINI, AWANDA BRALIN (2024) PENGARUH TEKANAN BAN, KECEPATAN DAN JENIS PERMUKAAN JALAN TERHADAP JARAK PENGEREMAN PADA KENDARAAN JENIS PICK UP GRANMAX TYPE S401. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
21031005-KKW-ABSTRAK.pdf Download (545kB) |
|
Text (BAB 1)
21031005-KKW-BAB_1.pdf Download (127kB) |
|
Text (BAB 2)
21031005-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
|
Text (BAB 3)
21031005-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
|
Text (BAB 4)
21031005-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
|
Text (BAB 5)
21031005-KKW-BAB_5.pdf Download (127kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
21031005-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kegagalan pengereman menjadi salah satu faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan terutama pada mobil barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tekanan ban, kecepatan serta jenis permukaan jalan terhadap jarak pengereman, yang dilakukan pada jalan aspal dan beton. pengujian road test dapat menjadi alternatif untuk mengetahui hasil jarak pengereman. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini meliputi tekanan angin ban yang divariasikan 28 Psi,30 Psi dan 35 Psi. dengan variasi kecepatan 35 Km/jam, 40 Km/jam dan 50 Km/jam. Variabel terikat pada penelitian ini merupakan jarak pengereman dengan metode road test. Variabel control pada penelitian ini adalah mobil mitshubitshi granmax type S401. Jarak pengereman terpanjang dalam penelitian ini terjadi pada kecepatan tertinggi dan tekanan ban tertinggi pada jalan beton. sedangkan jarak pengereman terpendek terjadi pada kecepatan terendah dengan tekanan ban terendah pada jalan aspal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan kendaraan dan tekanan angin ban mempengaruhi jarak pengereman. Semakin besar variasi kecepatan dan tekanan ban maka akan semakin Panjang jarak pengereman. Sebaliknya, semakin sedikit variasi kecepatan dan tekanan angin ban, semakin pendek jarak pengereman.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 21031005 21031005 |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 04:25 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 04:25 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2886 |
Actions (login required)
View Item |