KOMPARASI PERHITUNGAN DAYA ANGKUT KENDARAAN JENIS LONG DAN SHORT CHASSIS

SAPUTRI, ALIN LUTFIAH HARGI (2024) KOMPARASI PERHITUNGAN DAYA ANGKUT KENDARAAN JENIS LONG DAN SHORT CHASSIS. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
21031033_ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
21031033_BAB 1.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 2)
21031033_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21031033_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21031033_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
21031033_BAB 5.pdf

Download (208kB)

Abstract

Kendaraan bermotor adalah kendaraan yang digunakan untuk angkutan barang dan/atau penumpang. Kendaraan angkutan barang memiliki beberapa variasi bentuk dalam pembuatannya, ada yang berchassis pendek dan ada yang panjang. Kendaraan yang diteliti yaitu ISUZU NLR 55TX dan ISUZU NLR 55 TXL yang memiliki persamaan spesifikasi kendaraan pada lebar dan tinggi bak muatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa perbandingan kapasitas muatan antara kendaraan long dan short chassis serta distribusi beban pada tiap axle saat muatan dibongkar secara bertahap. Metode komparatif digunakan untuk membandingkan daya angkut dan distribusi beban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ISUZU NLR 55TXL mampu mengangkut muatan lebih berat dibanding ISUZU NLR 55TX, dengan selisih 26 kg atau sekitar 1,15%. Analisis distribusi beban menunjukkan bahwa nilai R1 (beban depan) stabil pada kedua kendaraan dengan puncaknya pada muatan 60%, sementara nilai R2 (beban belakang) cenderung menurun seiring berkurangnya muatan. ISUZU NLR 55TX dapat memuat hingga 2546 kg (94% dari kapasitas maksimal sesuai pabrikan), sedangkan ISUZU NLR 55TXL dapat mencapai 2528 kg (81% dari kapasitas maksimal sesuai pabrikan), Ditemukan bahwa nilai muatan 100% R2 pada ISUZU NLR 55TXL hampir dua kali lipat nilai R1 sehingga berpotensi mempengaruhi stabilitas kendaraan saat digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ISUZU NLR 55 TX, ISUZU NLR 55 TXL, Chassis, Daya angkut, Distribusi Beban
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 21031033 21031033
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:55
Last Modified: 26 Jul 2024 03:55
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2878

Actions (login required)

View Item View Item