ANALISIS PREFERENSI MASYARAKAT TERHADAP PEMILIHAN MODA BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS CIREBON

SANGGALANGI, CHRISTIYANTO (2024) ANALISIS PREFERENSI MASYARAKAT TERHADAP PEMILIHAN MODA BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS CIREBON. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20011009_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (362kB)
[img] Text (BAB 1)
20011009_SKRIPSI_BAB_1.pdf

Download (392kB)
[img] Text (BAB 2)
20011009_SKRIPSI_BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20011009_SKRIPSI_BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20011009_SKRIPSI_BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20011009_SKRIPSI_BAB_5.pdf

Download (377kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20011009_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan kendaraan bermotor yang cukup pesat, menyebabkan berbagai permasalahan lalu lintas salah satunya kemacetan. Angkutan umum menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi kemacetan yang ada di daerah perkotaan khususnya Kota Cirebon. Tingginya tingkat kepemilikan kendaraan pribadi menyebabkan masyarakat enggan menggunakan transportasi umum, karena kendaraan pribadi dianggap lebih mudah dan praktis untuk mobilitas. Situasi ini diperburuk oleh kinerja transportasi umum yang kurang optimal dan tidak memenuhi standar yang ditetapkan. Salah satu kebijakan alternatif yang dapat mengatasi beberapa masalah tersebut adalah memberikan subsidi untuk transportasi umum dan menerapkan pajak atas bahan bakar, langkah ini bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan angkutan umum. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan analisis untuk mengetahui preferensi masyarakat terhadap pemilihan moda BRT Trans Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan statistik deskriptif, menggunakan metode stated preference untuk menghitung probabilitas pemilihan moda BRT Trans Cirebon. Serta menganalisis kinerja operasional BRT Trans Cirebon menggunakan SK Dirjen 687/2002 tentang pedoman teknis penyelenggaraan angkutan umum ditunjau menggunakan variabel load factor, headway, kecepatan, dan jumlah kendaraan yang beroperasi. Berdasarkan hasil analisis diketahui kinerja operasional yang ditinjau dari variabel load factor, headway, kecepatan, dan jumlah kendaraan yang beroperasi yang telah memenuhi standar hanya kecepatan sedangkan variabel lainnya belum sesuai dengan standar menggunakan SK Dirjen 687/2002 tentang pedoman teknis penyelenggaraan angkutan umum. Sedangkan berdasarkan hasil analisis binominal logit faktor yang mempengaruhi preferensi masyarakat pemilihan moda BRT Trans Cirebon adalah tarif, jumlah perpindahan moda, dan waktu tunggu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: BRT Trans Cirebon, Kinerja Operasional, Stated Preference, Preferensi
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: CHRISTIYANTO SANGGALANGI
Date Deposited: 18 Jul 2024 06:58
Last Modified: 18 Jul 2024 06:58
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2807

Actions (login required)

View Item View Item