PERBANDINGAN HASIL UJI EFISIENSI REM MENGGUNAKAN METODE STATIC BRAKE TESTER DAN METODE ROAD TEST DENGAN VARIASI BEBAN MUATAN

PRADIKSA, ANGGA KUMARA (2024) PERBANDINGAN HASIL UJI EFISIENSI REM MENGGUNAKAN METODE STATIC BRAKE TESTER DAN METODE ROAD TEST DENGAN VARIASI BEBAN MUATAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
21031002-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (633kB)
[img] Text (BAB 1)
21031002-KKW-BAB_1.pdf

Download (105kB)
[img] Text (BAB 2)
21031002-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21031002-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21031002-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
21031002-KKW-BAB_5.pdf

Download (103kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21031002-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sistem pengereman penting untuk setiap kendaraan. Dua metode umum pengujian efisiensi rem meliputi pengujian statis menggunakan brake tester dan pengujian di jalan (road test). Hasil yang diperoleh dari alat brake tester yang menunjukkan bahwa rem kendaraan telah memenuhi ambang batas pengereman, belum sepenuhnya mencerminkan secara akurat kinerja pengereman sebenarnya saat kendaraan melaju di jalan raya, terutama saat membawa beban. Hal ini dikarenakan metode static brake tester menguji rem kendaraan dalam kondisi statis (stasioner) dan tanpa beban, padahal dalam berkendara di dunia nyata, kendaraan seringkali membawa beban dan beroperasi pada berbagai kecepatan. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu tentang apakah terdapat pengaruh beban muatan terhadap nilai efisiensi rem utama pada kendaraan ketika melakukan uji efisiensi rem di gedung uji kendaraan bermotor dan saat kendaraan melaju di jalan dengan kecepatan tertentu. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Hasil dari penelitian ini adalah efisiensi rem menggunakan metode Static Brake Tester lebih besar hasilnya di tiap beban muatan daripada menggunakan metode Road Test. Perbandingan Hasil efisiensi rem menggunakan metode Static Brake Tester lebih besar hasilnya di tiap beban muatan daripada menggunakan metode Road Test. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya beban muatan berpengaruh terhadap efisiensi pengereman yang dihasilkan. Semakin besar muatan, maka semakin kecil efisiensi pengeremannya. Selain itu, adanya perbedaan koefisien gesek yang berbeda ketika melakukan uji rem dengan static brake tester dan road test. Kecepatan kendaraan juga berpengaruh terhadap kinerja pengereman dari kendaraan tersebut. Semakin tinggi kecepatannya semakin kecil efisiensi nya begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengujian efisiensi rem, Perbandingan, Static Brake Test, Road Test
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 21031002 21031002
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:32
Last Modified: 17 Jul 2024 07:32
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2792

Actions (login required)

View Item View Item