DAMPAK PERENCANAAN JALUR KHUSUS PESEPEDA TERHADAP KINERJA RUAS JALAN DENGAN SIMULASI VISSIM

PRASETYANINGSIH, IRIANTI DWI (2024) DAMPAK PERENCANAAN JALUR KHUSUS PESEPEDA TERHADAP KINERJA RUAS JALAN DENGAN SIMULASI VISSIM. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20011014-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (840kB)
[img] Text (BAB 1)
20011014-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 2)
20011014-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20011014-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20011014-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20011014-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (131kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20011014-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ruas Jalan Adi Sumarmo merupakan salah satu ruas jalan di Kabupaten Karanganyar yang berhubungan dengan kegiatan masyarakat, perlu diperhatikannya tentang sarana dan prasarana transportasi. Belum tersedianya fasilitas jalur khusus sepeda pada Kawasan perkotaan Kabupaten Karanganyar menimbulkan mix traffic antara pengguna sepeda dengan kendaraan bermotor lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kinerja ruas jalan pada ruas jalan Adi Sumarmo (2) memodelkan desain tipe jalur khusus pesepeda pada ruas Jalan Adi Sumarmo (3) menganalisis kinerja ruas jalan setelah permodelan atau penerapan tipe jalur khusus sepeda pada ruas Jalan Adi Sumarmo. Penelitian ini dilakukan guna menganalisis kinerja ruas jalan menggunakan PKJI 2023 dan kemudian dilakukan pemodelan menggunakan software Vissim untuk menentukan skenario perencanaan yang layak. Penentuan kinerja ruas jalan menggunakan perbandingan derajat kejenuhan, kecepatan tempuh, dan waktu tempuh. Pengambilan data primer dilakukan dengan survei di lapangan pada hari minggu. Survei yang dilakukan meliputi survei volume lalu lintas, survei kecepatan kendaraan, dan survey geometrik jalan. Survei driving behavior diambil secara dokumentasi yang sudah ada untuk menentukan jarak kendaran berjalan depan belakang dan bersampingan, serta jarak lateral kendaraan. Skenario perencanaan yang diusulkan ada 2 yaitu (1) memberikan permodelan jalur pesepeda tipe A di badan jalan yang mengurangi lebar jalur dari 7 meter menjadi 6 meter, memakan bahu jalan, dan mengurangi lebar trotoar menjadi lebar minimal (2) memberikan permodelan lajur khusus pesepeda tibe B di trotoar yang mengurangi lebar jalur dari 7 meter menjadi 6.5 meter, memakan bahu jalan, melebarkan trotoar dan menggunakan lahan sisa. Hasil permodelan dari 2 skenario dapat memberikan perbandingan dari hasil kecepatan tempuh, waktu tempuh, dan derajat kejenuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jalur Khusus Pesepeda, Vissim, Kinerja Ruas Jalan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: IRIANTI DWI PRASETYANINGSIH
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:52
Last Modified: 17 Jul 2024 07:52
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2782

Actions (login required)

View Item View Item