PRADANA, BRILIAN BREGA (2022) EVALUASI KINERJA RAMBU BATAS KECEPATAN SEBAGAI PENGATUR BATAS KECEPATAN KENDARAAN BERMOTOR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
18010517-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (993kB) |
|
Text (BAB 1)
18010517-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (85kB) |
|
Text (BAB 2)
18010517-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
18010517-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
18010517-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
18010517-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (77kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
18010517-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berfokus untuk menganalisis rambu batas kecepatan sebagai pengatur batas kecepatan kendaraan bermotor. Pada Jalan Suparjo Rustam mempunyai penetapan batas kecepatan maksimal 40 km/jam. Namun kenyataannya pengemudi sering kali pengemudi menggunakan kecepatan diatas 40 km/jam saat melewati jalan tersebut. Berdasarkan permasalahan pada jalan suparjo rustam, maka kajian penelitian ini penting dilakukan untuk melakukan survei langsung di lapangan untuk mengetahui kecepatan perjalanan dari pengguna jalan, mengevaluasi kinerja rambu pembatasan kecepatan, mengetahui tingkat pemahaman pengguna jalan terhadap rambu batas kecepatan dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja rambu batas kecepatan berdasarkan ketentuan. Untuk menurunkan kecepatan kendaraan mencapai target yang diinginkan, dilakukan simulasi pemasangan rambu batas kecepatan secara berulang dengan jarak masing-masing 15 meter, 30 meter, 45 meter, dan 60 meter. Dari hasil analisis, didapatkan nilai N-Gain kecepatan sepeda motor (MC) sebesar 2,97 %, nilai N-Gain kecepatan ringan (LV) sebesar 6,34 %, nilai N-Gain kecepatan berat (HV) sebesar 13,37%. Hasil semua data tersebut masuk pada kategori tidak efektif, namun terdapat penurunan kecepatan persentil-85 pada masing-masing jenis kendaraan. Survey kuesioner mendapatkan hasil dalam aspek pemahaman tentang rambu batas kecepatan bahwa sebagian besar responden belum memahami rambu batas kecepatan. Pada aspek kedua tentang tanggung jawab kepada diri sendiri dan orang lain diketahui responden tidak mengurangi kecepatan saat melewati rambu batas kecepatan, dan sebagian besar responden menjawab “Iya” terhadap mengebut merupakan tindakan yang melanggar dan berbahaya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecepatan, Kinerja, Rambu batas kecepaatan, Pemahaman |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 18.01.0517 18.01.0517 |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 03:17 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 06:50 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/269 |
Actions (login required)
View Item |