ANALISIS TINGKAT KEPATUHAN PENGEMUDI TERHADAP BATAS KECEPATAN PADA RUAS TOL PEMALANG BATANG

YAFI, FAJAR ALI (2022) ANALISIS TINGKAT KEPATUHAN PENGEMUDI TERHADAP BATAS KECEPATAN PADA RUAS TOL PEMALANG BATANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18010523-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text (BAB 1)
18010523-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (121kB)
[img] Text (BAB 2)
18010523-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18010523-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18010523-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18010523-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (110kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010523-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy

Abstract

Jalan tol adalah jalan bebas hambatan yang mengharuskan penggunanya membayar sesuai dengan nominal yang telah ditetapkan. Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No 111 tahun 2015 batas kecepatan adalah aturan yang sifatnya umum dan/ atau khusus untuk membatasi kecepatan yang lebih rendah karena alasan keramaian, disekitar sekolah, banyaknya kegiatan disekitar jalan, penghematan energi ataupun karena alasan geometrik jalan. Penetapan batas kecepatan dimaksudkan untuk mencegah kejadian dan fasilitas kecelakaan serta mempertahankan mobilitas lalu lintas. Ruas tol Pemalang-Batang terbentang sepanjang 39,2 kilometer yang menghubungkan daerah Pemalang dengan Batang, Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kepatuhan pengemudi pada batas kecepatan pada ruas tol Pemalang – Batang. Metode penelitian ini menggunakan survey dan observasi langsung di lapangan untuk mendapatkan data. Dan menggunakan teknik manual dalam pengamatan dan pengambilan data di lapangan. Analisis menggunakan Teknik perhitungan metode MKJI 1997 secara manual. Hasil dari penelitian ini Pada Km 344 +750 jalur A jumlah kendaraan ringan (LV) 79% yang mematuhi batas kecepatan 100 Km/jam di jalan tersebut, dan 21% tidak mematuhi rambu batas kecepatan atau melebihi batas kecepatan yaitu melebihi 100 Km/jam. Kendaraan berat (HV) 49% mematuhi batas kecepatan, dan 51% tidak mematuhi batas kecepatan atau kurang dari 60 Km/jam. Sedangkan untuk Km 342 +800 jalur B jumlah kendaraan ringan (LV) yang mematuhi batas kecepatan sebanyak 72% dan sebanyak 28% yang tidak mematuhi batas kecepatan yaitu melebihi batas kecepatan 100 Km/jam, sedangkan kendaraan berat (HV) yang mematuhi 52% dan sebanyak 48% tidak mematuhi batas kecepatan yaitu kurang dari 60 Km/jam. Meskipun batas kecepatan sudah ditetapkan serta perangkat manajemen kecepatan berupa rambu batas kecepatan sudah terpasang, akan tetapi masih terdapat pengemudi yang melanggar dan belum mencapai target kecepatan yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan pengemudi, Batas Kecepatan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0523 18.01.0523
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:33
Last Modified: 11 Aug 2022 02:33
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item View Item