EVALUASI PERLINTASAN SEBIDANG BERDASARKAN KELAS JALAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESELAMATAN JALAN

HABIBAH, FISTIRIKA (2024) EVALUASI PERLINTASAN SEBIDANG BERDASARKAN KELAS JALAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESELAMATAN JALAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTSI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20011012-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (830kB)
[img] Text (BAB 1)
20011012-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (67kB)
[img] Text (BAB 2)
20011012-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20011012-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20011012-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20011012-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (70kB)

Abstract

Penelitian ini membahas masalah kecelakaan di perlintasan sebidang yang merupakan perpotongan antara jalan raya dengan jalur kereta api. Menurut data Kementerian Perhubungan, telah terjadi 1.142 kecelakaan kereta api di perlintasan sebidang antara tahun 2019 dan 2022. Contoh kecelakaan yang terjadi antara lain trailer yang tersangkut di jalur kereta Kota Semarang, menyebabkan kebakaran lokomotif, dan masalah pada permukaan perlintasan di Kota Bogor yang menyebabkan tergelincir. Di Kota Tegal, terdapat permasalahan pada kemiringan perlintasan yang dilintasi kendaraan berat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi perlintasan sebidang di berbagai daerah dan memberikan rekomendasi berdasarkan peraturan terbaru. Penelitian ini menggunakan metode Triangulasi dengan pendekatan kuantitatif dan menemukan bahwa penggunaan material aspal di permukaan perlintasan masih umum digunakan di Indonesia. Hanya 1 dari 6 lokasi penelitian yang memenuhi standar yang ditetapkan oleh peraturan yaitu di JPL Dreded Kota Bogor. Selanjutnya, ditemukan alinyemen horizontal kemiringan perlintasan yang melebihi batas toleransi Peraturan Direktorat Jenderal Bina Marga, (2021) di JPL 260 Tirus Kota Tegal dengan sudut terbesar 117° dan terkecil sebesar 20,5°. Dengan demikian, diperlukan rekomendasi jangka pendek berupa pemilihan material permukaan perlintasan tipe Premium dan pembenahan jari-jari lengkungan jalan, serta rekomendasi jangka panjang berupa perencanaan Fly Over dari pemerintah agar dikaji lebih lanjut ke depannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan, Perlintasan Sebidang, Material Permukaan Perlintasan
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: FISTIRIKA HABIBAH
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:29
Last Modified: 25 Jun 2024 06:29
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2629

Actions (login required)

View Item View Item