KARAKTERISTIK PENGEMUDI DAN MODEL PREDIKSI PELUANG KECELAKAAN YANG MELIBATKAN MOBIL PRIBADI DI KABUPATEN BOYOLALI

YUSUP, LOVVINA ARIDA (2021) KARAKTERISTIK PENGEMUDI DAN MODEL PREDIKSI PELUANG KECELAKAAN YANG MELIBATKAN MOBIL PRIBADI DI KABUPATEN BOYOLALI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17010462_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB 1)
17010462_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB 2)
17010462_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB 3)
17010462_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text (BAB 4)
17010462_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
17010462_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (295kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17010462_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Jumlah kecelakaan lalu lintas di Kabuapten Boyolali pada tahun 2018, terdapat 748 kejadian (BPS Kabupaten Boyolali, 2018). Berbagai studi menunjukkan bahwa faktor manusia berkontribusi terhadap 95% kejadian kecelakaan, dan merupakan faktor tunggal dari sekitar 65% kejadian kecelakaan (Grime, 1987). Faktor manusia ini memiliki kontribusi terbesar pada kecelakaan kendaraan roda empat yang dapat dilihat dari karakteristik sosio – ekonomi, karakteristik pergerakan , perilaku pengemudi dan persepsi pengemudi mobil pribadi. Tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik kecelakaan, karakteristik pengemudi mobil pribadi, tingkat pengetahuan atau pemahaman pengemudi mobil pribadi dan model peluang kecelakaan yang melibatkan mobil pribadi. Penelitian ini menggunakan metode statistik deskriptif, regresi logistik biner dan menggunakan skala pengukuran dengan saka likert. Dalam penentuan responden dengan metode Linear Time Function sebanyak 200 orang. Untuk analisis data dengan regresi logistik biner menggunakan uji kelayakan model, uji overall, koefisien determinasi dan uji parsial. Pada hasil analisis karakteristik kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Boyolali sebanyak 56% mengalami kecelakan pada pagi hari 25% dengan penyebab utama faktor manusia 24%. Untuk karakteristik pengemudi mobil pribadi, yang mengalami kecelakaan yaitu laki – laki 54%, karyawan swasta 22%, rutin (>5 hari) 43%, untuk bekerja 59%, jarak 10 – 25 km 34%, waktu 30 – 45 menit 43%. Untuk usia mulai mengemudi diusia 18 – 24 tahun 67%, kecepatan 45 – 60 km/jam 65%, tipe tabrakan samping 36% dan lokasi kecelakaan di tikungan 44%. Tingkat pengetahuan pengemudi mobil pribadi dari aspek perilaku aman mengemudi 59% atau kategori tinggi, aspek sikap pengemudi 67,5% atau kategori sedang dan aspek pengetahuan mengemudi 48,5% atau kategori sedang. Peluang kecelakaan mobil pribadi untuk karakteristik sosio – ekonomi adalah 0,57 atau 57%, peluang karakteristik pergerakan pengemudi adalah 0,17 atau 17%, peluang karakteristik perilaku pengemudi adalah 0,70 atau 70% dan peluang persepsi pengemudi adalah 0,51 atau 51%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, Mobil Pribadi, Karakteristik, Regresi, Logistik, Peluang
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 04 Dec 2023 08:21
Last Modified: 04 Dec 2023 08:21
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2204

Actions (login required)

View Item View Item