LIANA, SYLVIANA ADE (2021) PENGARUH MARKA CHEVRON DI JALAN TOL CIKOPO – PALIMANAN TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
17010446_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (806kB) |
|
Text (BAB 1)
17010446_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (373kB) |
|
Text (BAB 2)
17010446_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
Text (BAB 3)
17010446_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (697kB) |
|
Text (BAB 4)
17010446_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
17010446_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (366kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17010446_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (870kB) |
Abstract
Salah satu faktor penyebab kecelakaan yang signifikan adalah tidak sesuainya kecepatan kendaraan dengan kondisi jalan, lingkungan dan kegiatan, dalam hal ini adalah kecepatan yang terlalu tinggi. Jalan tol atau jalan bebas hambatan merupakan salah satu jalan yang berpotensi memiliki banyak perlanggaran dalam kecepatan kendaraan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kecepatan kendaraan sebelum, pada saat dan setelah melewati marka chevron dan mengetahu pengaruh terhadap marka chevron terhadap kecepatan kendaraan. Pengambilan data dilakukan dengan cara survei primer dan survei sekunder. Metode dalam penelitian ini yaitu Uji Parameterik menggunakan Uji Paired Sample T-Test untuk memastikan kecepatan rata-rata kendaraan dan pengaruh kecepatan kendaraan terhadap penerapan marka chevron yang melintasi ruas jalan tol Cikopo – Palimanan KM 170+050 sampai KM 169+050 Jalur B. Untuk menganalisis penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS dan Microsoft Excel 2013. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa kecepatan rata-rata kecepatan kendaraan sebelum,pada saat dan setelah melewati marka chevron berturutturut yaitu 100 km/jam, 98 km/jam dan 98 km/jam. Untuk mengetahui penerapan marka chevron berpengaruh atau tidak digunakan uji paired sample t- test data kecepatan sebelum pada saat, kecepatan pada saat setelah dan kecepatan pada saat setelah di dapatkan hasil bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 7.656 > 1.960 dan Sig.(2- tailed) = 0,000 < 0,05, maka H0 diterima dan H1 ditolak, thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3.708 > 1.960 dan Sig.(2- tailed) = 0,000 < 0,05, maka H0 diterima dan H1 ditolak, thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4.336 > 1.960 dan Sig.(2- tailed) = 0,000 < 0,05, maka H0 diterima dan H1 ditolak artinya hipotesis menyatakan bahwa tidak ada perubahan hasil penurunan kecepatan terhadap penerapan marka chevron.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecepatan, Marka Chevron, Jalan Tol Cikopo – Palimanan, Uji Paired Sample T-Test, Pengaruh Marka Chevron. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 08:20 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 08:20 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2197 |
Actions (login required)
View Item |