ANALISIS KESELAMATAN JALAN MENGGUNAKAN METODE HIRARC (HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESMENT AND RISK CONTROL) PADA RUAS JALAN PROVINSI CAWAS-PEDAN KABUPATEN KLATEN

HAKIM, MUFTI (2021) ANALISIS KESELAMATAN JALAN MENGGUNAKAN METODE HIRARC (HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESMENT AND RISK CONTROL) PADA RUAS JALAN PROVINSI CAWAS-PEDAN KABUPATEN KLATEN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17010407_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB 1)
17010407_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 2)
17010407_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (BAB 3)
17010407_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (BAB 4)
17010407_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB 5)
17010407_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (114kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17010407_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)

Abstract

Berdasarkan analisis lokasi rawan kecelakaan yang dilakukan oleh tim praktik kerja profesi Diploma IV Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan angkatan 7 Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan di Kabupaten Klaten pada tahun 2021 menggunakan metode frekuensi, metode EAN ( Equivalensi Accident Number ), dan metode Z score mendapatkan hasil blacksite dengan skor 3 ruas jalan tertinggi yaitu Jalan Yogja - Solo, Jalan Pemuda dan Jalan Cawas–Pedan. Ruas Jalan CawasPedan merupakan jalan provinsi yang digunakan sebagai jalur pariwisata dan merupakan bagian dari jalur alternatif menuju Kabupaten Gunung Kidul, sehingga perlu dilakukan analisis keselamatan jalan untuk meningkatkan keselamatan pada ruas jalan tersebut. Metode yang digunakan untuk pengukuran risiko dalam penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode Australian Standar/New Zealand Standar For Risk Management dan metode mulyono (2009). Metode Australian Standar/New Zealand Standar For Risk Management dalam melakukan pengkategorian risiko berdasarkan nilai tingkat keparahan yang diperkirakan dapat terjadi dan nilai kemungkinan terjadinya suatu risiko, sedangkan metode yang dikemukakan oleh mulyono(2009) pengkategorian risiko berdasarkan nilai peluang defisiensi keselamatan infrastruktur jalan terhadap potensi kecelakaan dan nilai dampak keparahan korban kecelakaan berdasarkan tingkat fatalitas. Hasil analisis nilai risiko kecelakaan pada ruas Jalan Provinsi Cawas-Pedan Kabupaten Klaten berdasarkan metode Australian Standar/New Zealand Standar For Risk Management menunjukan bahwa seluruh segmen dikategorikan dengan level risiko yaitu high dengai nilai risiko paling tinggi 16 pada segmen 2, sedangkan hasil analisis nilai risiko kecelakaan pada ruas Jalan Provinsi Cawas-Pedan Kabupaten Klaten berdasarkan metode Mulyono dkk., 2009 menunjukan bahwa seluruh segmen dikategorikan segmen yang Cukup Berbahaya (CB) dengan nilai risiko paling tinggi yaitu 223 pada segmen 2. Hasil analisis risiko tersebut selanjutnya dibuat usulan rekomendasi penanganan untuk semua segmen pada ruas Jalan Provinsi Cawas-Pedan Kabupaten Klaten.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan Jalan, Kategori Risiko, Nilai Risiko
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 22 Nov 2023 08:02
Last Modified: 22 Nov 2023 08:02
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2174

Actions (login required)

View Item View Item