ANALISIS DAN DESAIN FASILITAS AREA ANTAR JEMPUT PENUMPANG PADA HALTE SMP 9 KOTA TEGAL

INDAHSARI, FENTY NUR (2021) ANALISIS DAN DESAIN FASILITAS AREA ANTAR JEMPUT PENUMPANG PADA HALTE SMP 9 KOTA TEGAL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17010400_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (749kB)
[img] Text (BAB 1)
17010400_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (396kB)
[img] Text (BAB 2)
17010400_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
17010400_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[img] Text (BAB 4)
17010400_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
17010400_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (380kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17010400_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ketidakselarasan antara sarana dan prasarana transportasi akan menimbulkan permasalahan transportasi salah satunya konflik lalu lintas. Konflik lalu lintas dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan jika tidak dilakukan penanganan. Area antar jemput penumpang merupakan suatu lokasi untuk menurunkan dan menaikkan penumpang yang terletak pada halte. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain area antar jemput penumpang pada Halte SMP 9 Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Pada lokasi penelitian yaitu Halte SMP 9 Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal terdapat beberapa masalah yaitu belum adanya area antar jemput penumpang. Aktivitas antar jemput dilakukan pada lajur lalu lintas berdampak pada menurunnya kinerja ruas jalan dan menurunnya tingkat keselamatan dilihat dari jumlah konflik lalu lintas ruas jalan. Peningkatan kinerja lalu lintas dan peningkatan segi keselamatan salah satunya dengan strategi penerapan area antar jemput penumpang pada kawasan Halte. Desain area antar jemput penumpang dibuat dengan lebar 3 meter, panjang teluk 25 meter dan panjang taper 16 meter. Sebelum dilakukan penerapan, kinerja ruas jalan Martoloyo Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal memiliki V/C rasio 0.80 dengan tingkat pelayanan D. Adanya Desain Area Antar Jemput Penumpang berdampak pada peningkatan kinerja ruas jalan dengan hasil analisis V/C rasio yaitu 0.67 dengan tingkat pelayanan C. Selain itu berdampak pada penurunan konflik lalu lintas dengan hasil simulasi jenis konflik crossing kondisi eksisting dan setelah desain masih tetap sebanyak 11 konflik. Jenis konflik Rear end pada kondisi eksisting sebanyak 332 dan setelah desain sebanyak 169. Sedangkan jenis konflik lane change kondisi eksisting sebanyak 32 dan setelah desain sebanyak 23.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pelayanan, Konflik Lalu Lintas, Antar Jemput Penumpang
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 22 Nov 2023 08:01
Last Modified: 22 Nov 2023 08:01
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2170

Actions (login required)

View Item View Item