RAMADHAN, AMALIA PUTRI (2021) PENERAPAN MODEL FUNGSI ARIMA PADA PENILAIAN KINERJA SIMPANG DALAM RANGKA KESELAMATAN BERLALU LINTAS (STUDI KASUS SIMPANG TVRI KOTA SURABAYA). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
17010362_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (713kB) |
|
Text (BAB 1)
17010362_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB 2)
17010362_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) |
|
Text (BAB 3)
17010362_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
|
Text (BAB 4)
17010362_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
17010362_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (176kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17010362_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Adanya akses U-Turn pada simpang TVRI dari segmen Jalan Mayjend Sungkono Barat menuju arah Jalan Mayjend Sungkono Timur yang menyebabkan kurangnya ruang maneuver kendaraan saat berbelok membuat banyaknya konflik serta tundaan dan antrian yang dapat menjadi kemacetan. Perlunya Prediksi yang baik terkait jumlah kendaraan yang melewati suatu jalan pada suatu waktu tertentu tentu akan sangat membantu untuk melakukan banyak kegiatan yang berhubungan dengan menurunkan tingkat kemacetan serta kinerja lalu lintas simpang. Dalam hal ini analisis yang digunakan dalam melakukan peramalan adalah analisis time series dengan fungsi ARIMA. Tujuan kegiatan tugas akhir ini (1) mengetahui model peramalan yang tepat untuk peramalan volume lalu lintas di simpang TVRI (2) mengevaluasi serta membandingkan kinerja simpng pada kondisi eksisting dan kondisi desain (3) memberikan beberapa upaya terkait permasalahan simpang dengan kondisi eksisiting dan kondisi desain. Data volume lalu lintas diambil dari SITS dari tahun 2019-2020. Metode yang digunakan untuk menganalisa serta memodelkan kinerja simpang dengan software PTV Vissim 21. Analisis model peramalan lalu lintas menggunakan model fungsi ARIMA dibantu dengan software minitab 13. Serta Analisis konflik lalu lintas dibantu dengan software SSAM. Hasil analisis diperoleh model ARIMA (1,0,1) merupakan model yang tepat untuk melakukan peramalan volume lalu lintas. Alternatif penanganan yang dipilih yaitu Alternatif penanganan ke 3. Dengan tingkat pelayanan simpang (LOS) D, didapatkan penurunan terhadap antrian dan tundaan lalu lintas sebesar 230 m dan 3 detik pada kondisi eksisting serta 193 m dan 2 detik pada kondisi peramalan. Selain itu menurunkan sebesar 258 kejadian konflik lalu lintas atau sebanyak 40% kejadian pada kondisi eksisiting dan 390 kejadian konflik lalu lintas atau sebanyak 61% kejadian pada kondisi peramalan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | U-Turn; Peramalan; Kinerja Lalu Lintas Simpang; Antrian; Tundaan; Konflik Lalu Lintas; VISSIM; Minitab; SSAM |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 08:11 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 08:11 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2155 |
Actions (login required)
View Item |