EVALUASI KINERJA PADA SIMPANG 3 SINGODUTAN KABUPATEN WONOGIRI (STUDI KASUS: SIMPANG 3 TERMINAL GIRI ADIPURA,SINGODUTAN, KABUPATEN WONOGIRI)

AKILA, NISMA (2020) EVALUASI KINERJA PADA SIMPANG 3 SINGODUTAN KABUPATEN WONOGIRI (STUDI KASUS: SIMPANG 3 TERMINAL GIRI ADIPURA,SINGODUTAN, KABUPATEN WONOGIRI). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16010352_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (640kB)
[img] Text (BAB 1)
16010352_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB 2)
16010352_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
16010352_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
16010352_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (BAB 4)
16010352_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
16010352_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (157kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16010352_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)

Abstract

INTISARI Transportasi di Indonesia sudah berkembang cukup pesat. Transportasi dapat diartikan sebagai usaha memindahkan, menggerakkan, mengangkut, atau mengalihkan suatu objek dari suatu tempat ke tempat lain agar lebih bermanfaat atau dapat berguna untuk tujuan-tujuan tertentu. Simpang 3 Singodutan Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu simpang yang terletak di ruas jalan yang menurut analisis TIM PKP Kabupaten Wonogiri memiliki pringkat ke 3 ruas jalan rawan kecelakaan yang jumlah kecelakaannya mencapai 20 kecelakaan di simpang tersebut selama kurun waktu 3 tahun (2016-2019). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat pelayanan simpang, mengetahui perlengkapan simpang, kemudian memberikan rekomendasi untuk peningkatan keselamatan dengan perubahan geometrik jalan di salah satu kaki simpang. Tingkat pelayanan simpang dapat diketahui melalui metode Perhitungan dalam MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia). Perbaikan perlengkapan jalan dan geometrik jalan menjadi hal yang harus dilakukan. Perbaikan geometrik jalan di salah satu kaki simpang adalah dengan melakukan pemotongan median jalan yang bertujuan untuk penambahan kapasitas jalan dan peningkatan keselamatan karena median yang terlalu lebar membuat simpang tersebut tidak simetris. Tingkat pelayanan simpang yang didapatkan berbeda di setiap kaki simpang. Untuk kaki simpang Barat (Klaten) memiliki nilai tundaan sebesar. 1,072 det/kendaraan, sehingga jika diakumulasikan memiliki tingkat Pelayanan A. Kemudian pada kaki simpang Selatan (Wonogiri) memiliki nilai tundaan sebesar 26,135 det/kendaraan, serta pada kaki simpang utara (Solo) memiliki nilai 33,884 sehingga keduanya memiliki tingkat pelayanan D. Selanjutnya peningkatan keselamatan jalan dengan perbaikan marka, rambu dan geometrik jalan. Marka yang banyak terhapus ditambahkan seperti marka zebra cross, stop line, dan yellow box. Untuk rambu yang masih sangat minim perlu adanya tambahan rambu peringatan adanya APILL (Alat Pemberi Isyarat Lampu Lalu Lintas), kemudian rambu peringatan simpang 3. Selanjutnya pada geometrik jalan perubahan dilakukan di kaki simpang utara yaitu dengan memotong median jalan yang semula memiliki lebar 9 m menjadi 5 m yang bertujuan untuk menyesuaikan geometrik simpang. Dengan begitu kapasitas simpang yang ada di kaki selatan akan bertambah karena sisa median yang dipotong berubah menjadi tambahan lajur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Median, Simpang, Geometrik, perlengkapan jalan, Tingkat Pelayanan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:02
Last Modified: 21 Nov 2023 01:02
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2147

Actions (login required)

View Item View Item