INSPEKSI KESELAMATAN JALAN DENGAN METODE HAZARD IDENTIFICATION AND RISK ASSESSMENT PADA JALAN CIAWI BENDA KABUPATEN BOGOR

SAFRUDIN, ILYAS (2020) INSPEKSI KESELAMATAN JALAN DENGAN METODE HAZARD IDENTIFICATION AND RISK ASSESSMENT PADA JALAN CIAWI BENDA KABUPATEN BOGOR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16010347_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text (BAB 1)
16010347_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (104kB)
[img] Text (BAB 2)
16010347_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (BAB 3)
16010347_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (BAB 4)
16010347_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
16010347_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (97kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16010347_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)

Abstract

Berdasarkan hasil analisis data kecelakaan yang berasal dari POLRES Kabupaten Bogor dari tahun 2017-2019, jalan Ciawi Benda menempati peringkat Pertama Daerah rawan kecelakaan di Kabupaten Bogor. Jalan Ciawi Benda mempunyai fungsi jalan yaitu Arteri primer dan menjadi kawasan Industri dalam Kota. Tingginya volume lalu lintas yang ada pada ruas jalan ini, maka diperlukan jalan dan perlengkapan jalan yang memadai untuk meningkatkan keselamatan dengan melakukan Inspeksi Keselamatan Jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil inspeksi keselamatan jalan dan mengidentifikasi hazard dengan tingkat resikonya yang selanjutnya diberikan usulan penanganan untuk menciptakan jalan yang berkeselamatan. Metode inspeksi keselamatan jalan yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan formulir inspeksi keselamatan jalan yang kemudian dianalisis defisiensi yang ada pada komponen komponen inspeksi. Untuk identifikasi hazard dan penilaian resiko dilakukan dengan menggunakan metode New Zealand Standard. Yaitu dengan menggunakan matriks tingkat resiko. Hasil analisis dan pembahasan pada penelitian ini adalah ditemukan bahwa jarak pandang menyiap dan bahu jalan menempati peringkat tetinggi dalam defisiensi hasil pemeriksaan inspeksi yaitu sebesar 60%. Dan untuk hasil identifikasi hazard dan penilaian resiko hazard ditemukan bahwa risk level rendah sebesar 25%, risk level sedang mempunyai persentase sebesar 37%, risk level tinggi mempunyai persentase sebesar 19%, risk level ekstrim mempunyai persentase sebesar 19% dengan frekuensi kecelakaan dan tingkat fatalitas tertinggi disebabkan oleh hazard berupa melanggar batas kecepatan dan melanggar marka tengah. Untuk mereduksi potensi kecelakaan dan tingkat fatalitas, diusulkan penanganan untuk menegakan hukum bagi pelangar lalu lintas yang nantinya akan menimbulkan efek jera bagi pelaku yaitu pemasangan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) sebuah sistem pengawasan dan penegakan hukum lalu lintas yang berbentuk sebagai alat sensor dari sinar laser yang berwarna hijau di jalan yang bersinar. penerapan teknologi E-TLE ini di perlukan khususnya bagi kendaraan yang menurun yang melebihi batas kecepatan yang telah di tentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inspeksi Keselamatan Jalan, Hazard, Risiko
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:01
Last Modified: 21 Nov 2023 01:01
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2140

Actions (login required)

View Item View Item