EVALUASI TINGKAT PELAYANAN TRANS METRO BANDUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS

SEPTIANI, ELITA (2022) EVALUASI TINGKAT PELAYANAN TRANS METRO BANDUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18.01.0485-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (310kB)
[img] Text (BAB 1)
18.01.0485-SKRIPSI-BAB_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
18.01.0485-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18.01.0485-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18.01.0485-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18.01.0485-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (112kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.01.0485-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy

Abstract

Angkutan umum di Indonesia memiliki berbagai macam permasalahan seperti kurangnya kualitas pelayanan bagi pengguna menyebabkan masyarakat lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Trans Metro Bandung merupakan salah satu angkutan umum bus dalam kota yang diresmikan dengan tujuan agar masyarakat mau beralih menggunakan angkutan umum untuk mengurangi kemacetan di kota Bandung. Terjadinya pandemic Covid -19 mengakibatkan penurunan penumpang dan kurangnya kualitas pelayanan kepada pengguna sehingga perlu dilakukan penelitian terkait kualitas pelayanan Trans Metro Bandung. Penelitian menggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis) dengan teknik sampling purposive sampling. Perhitungan sampel menggunakan metode slovin dan didapatkan 100 responden. Hasil analisis data dipeoleh dengan cara membagikan kuisioner kepada 100 responden pengguna Trans Metro Bandung Koridor 3. Hasil Analisis Kinerja operasional dibandingkan dengan standar literatur didapatkan load factor (Weekend dan Weekday), waktu tempuh (weekday), kecepatan perjalanan (weekend dan weekday) dikategorikan baik. Waktu tempuh (Weekend) dikategorikan sedang. Waktu Antara (Weekend dan Weekday), frekuensi (Weekend dan Weekday) dikategorikan kurang. Penilaian kinerja dan harapan menggunakan analisis IPA (Importance Perfomance Analysis). Kuadran I terdapat 11 pernyataan prioritas utama untuk dilakukan perbaikan. Aspek kualitas pelayanan yang mendominasi adalah kenyamanan dan keteraturan. Untuk aspek penerapan protokol kesehatan yang mendominasi berasal dari penyedia layanan. Kuadran II terdapat 9 pernyataan yang harus dipertahankan. Aspek kualitas pelayanan yang mendominasi adalah keselamatan. Untuk aspek penerapan protokol kesehatan yang mendominasi berasal dari penumpang bus Trans Metro Bandung. Kuadran III terdapat 5 pernyataan, dengan aspek kualitas pelayanan yang mendominasi adalah keteraturan dan kenyamanan. Kuadran IV tidak ada pernyataan didalamnya. Kata Kunci: IPA (Importance Performance Analysis), Trans Metro Bandung, Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: IPA (Importance Performance Analysis), Trans Metro Bandung, Kualitas Pelayanan
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0485 18.01.0485
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:48
Last Modified: 23 Feb 2023 02:05
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item View Item