“MANAJEMEN LALU LINTAS PADA FLY OVER SEBAGAI UPAYA UNTUK MENCEGAH TERJADINYA KECELAKAAN” (STUDI KASUS : FLY OVER MANAHAN KOTA SURAKARTA)

BUDI PERMADI, FARIS ALIP PRABOWO (2020) “MANAJEMEN LALU LINTAS PADA FLY OVER SEBAGAI UPAYA UNTUK MENCEGAH TERJADINYA KECELAKAAN” (STUDI KASUS : FLY OVER MANAHAN KOTA SURAKARTA). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16010344_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text (BAB 1)
16010344_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (67kB)
[img] Text (BAB 2)
16010344_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text (BAB 3)
16010344_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text (BAB 4)
16010344_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
16010344_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (59kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16010344_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tingkat kecelakaan lalulintas yang terjadi di indonesia semakin tahun semakin meningkat. Salah satu tempat terjadinya kecelakaan adalah pada persimpangan. Persimpangan sebidang merupakan daerah yang potensial untuk terjadinya konflik akibat adanya bermacam jenis pergerakan arus lalu lintas. Overpass Manahan terdapat persimpang prioritas dimana terdapat ruas jalan mayor antara ruas Jalan Moewardi dan Jalan Adi Sucipto serta ruas jalan minor MT.Haryono. Konflik yang sering terjadi di persimpangan ini diakibatkan kendaraan yang melintas dari jalan minor tidak mendahulukan kendaraan dari jalan mayor. Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Perhubungan Kota Surakarta bahwa ada beberapa kecelakaan di overpass Manahan karena konflik merging. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan analisis konflik dan gap acceptance untuk mengukur keselamatan di overpass Manahan. Kinerja simpang overpass Manahan masih sesuai dengan nilai tundaan 21,05 det/smp termasuk kategori C. Dilihat dari segi konflik lalu lintas di overpass Manahan bahwa konflik serius dominan dengan 63%, sedangkan konflik non-serius hanya terdapat 37%. Pada simpang tak bersinyal flyover Manahan memiliki jumlah gap yang aman dan selamat untuk dapat bergabung dengan arus lalu lintas dengan aman sebesar 39% dengan peluang aman 1 banding 6. Adapun saran yang menjadi masukkan adalah dengan menambahkan beberapa perlengkapan jalan, rambu pemyempitan, mengubah arus lalu lintas overpass Manahan menjadi satu arah, dengan ditambahkan rambu-rambu yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Overpass, Konflik Lalu Lintas, Gap Acceptance
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:01
Last Modified: 21 Nov 2023 01:01
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2136

Actions (login required)

View Item View Item