ANALISIS KONFLIK LALU LINTAS PADA SIMPANG TIGA PRIORITAS DALAM UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN DI KABUPATEN WONOGIRI (STUDI KASUS : SIMPANG TIGA PRIORITAS TUGU MACAN JALAN PROVINSI NGUTER - NAMBANGAN)

PRAMADYA, ADY (2020) ANALISIS KONFLIK LALU LINTAS PADA SIMPANG TIGA PRIORITAS DALAM UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN DI KABUPATEN WONOGIRI (STUDI KASUS : SIMPANG TIGA PRIORITAS TUGU MACAN JALAN PROVINSI NGUTER - NAMBANGAN). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16010337_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB 1)
16010337_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB 2)
16010337_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB 3)
16010337_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB 4)
16010337_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text (BAB 5)
16010337_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16010337_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB)

Abstract

Salah satu upaya peningkatan keselamatan di Kabupaten Wonogiri yaitu dapat dilakukan dengan manajemen lalu lintas pada simpang tiga tugu macan yang merupakan salah satu lokasi rawan kecelakaan pada Kabupaten Wonogiri. Pengaturan simpang tiga tugu macan saat ini sudah diatur menggunakan pengaturan simpang prioritas namun masih memiliki konflik lalu lintas yang tinggi. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian mengenai analisis konflik lalu lintas guna meningkatkan keselamatan pada simpang tiga tugu macan Kabupaten Wonogiri. Peneltian ini bertujuan untuk memberikan penanganan simpang yang dapat mengurangi konflik lalu lintas dan tetap menjaga kelancaran lalu lintas. Penelitian ini melibatkan kendaraan dan pejalan kaki. Metode yang digunakan dalam mengetahui kinerja simpang menggunakan perhitungan MKJI dan disimulasikan oleh software PTV Vissim 9.0, sedangkan metode untuk mengetahui konflik lalu lintas yaitu dengan menggunakan software SSAM. Kemudian mengetahui karakteristik pejalan kaki pada simpang. Langkah selanjutnya adalah memberikan alternatif penanganan dari permasalahan konflik lalu lintas dan pejalan kaki yaitu dengan penerapan Apill 3 fase, penerapan Apill 3 Fase Flashing Amber, dan penerpaan Apill 2 Fase. Kemudian untuk fasilitas pejalan kaki menyusuri dengan merekomendasikan fasilitas berupa trotoar, sedangkan untuk fasilitas pejalan kaki menyeberang dengan merekomendasikan pemasangan cycle time pada Apill bagi pejalan kaki yang hendak menyeberang. Alternatif penanganan simpang yang dipilih adalah alternatif penanganan penerapan Apill 2 Fase dengan mempertimbangkan tingkat keselamatan dan kelancaran simpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: simpang, pejalan kaki, keselamatan, kelancaran, konflik lalu lintas, PTV Vissim 9.0, SSAM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:00
Last Modified: 21 Nov 2023 01:00
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2132

Actions (login required)

View Item View Item