EVALUASI REKAYASA LALU LINTAS SIMPANG EMPAT BUNDARAN BERSINYAL TUGU WISNU SURAKARTA

EVITAMALASARI, MEILANA (2020) EVALUASI REKAYASA LALU LINTAS SIMPANG EMPAT BUNDARAN BERSINYAL TUGU WISNU SURAKARTA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16010323_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (439kB)
[img] Text (BAB 1)
16010323_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB 2)
16010323_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text (BAB 3)
16010323_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (BAB 4)
16010323_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB 5)
16010323_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (119kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16010323_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu upaya peningkatan keselamatan jalan ialah dengan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan di simpang dengan cara mengoptimalkan kinerja simpang serta menurunkan jumlah konflik lalu lintas yang terjadi. Berdasarkan hal tersebut penulis melakukan penelitian upaya peningkatan keselamatan pada simpang empat bersinyal Tugu Wisnu di Kota Surakarta dengan cara penganganan konflik lalu lintas dan mengoptimalkan kinerja simpang. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penanganan simpang terbaik yang dapat diterapkan pada simpang empat Tugu Wisnu guna mewujudkan peningkatan keselamatan. Permasalahan pada simpang ini adalah terdapat ekor tundaan lalu lintas yang tertinggal pada bundaran sehingga menyebabkan konflik lalu lintas dengan arus lalu lintas pendekat simpang lainnya dengan fase APILL sama. Metode yang digunakan dalam analisis kinerja simpang menggunakan perhitungan MKJI dan disimulasikan menggunakan software Vissim 9 Full Version sedangkan metode untuk mengetahui konflik lalu lintas yang terjadi dengan menggunakan software SSAM. Kemudian memberikan usulan penanganan untuk diterapkan pada simpang empat Tugu Wisnu yaitu dengan perubahan pengaturan simpang 3 fase menjadi 4 fase dengan pergerakan lalu lintas mengelilingi bundaran serta 4 fase tanpa mengelilingi bundaran kemudian dari kedua usulan penanganan dipilih alternatif penanganan yang sesuai untuk menurunkan konflik lalu lintas dan mengoptimalkan kinerja simpang. Alternatif penanganan simpang yang dipilih berupa perubahan pengaturan simpang dengan 4 fase dengan pergerakan lalu lintas tanpa mengelilingi bundaran dapat menurunkan jumlah konflik lalu lintas sebesar 30% dan tingkat pelayanan simpang adalah D yang berarti terciptanya keselarasan antara keselamatan jalan dan kelancaran lalu lintas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: keselamatan, simpang, konflik, tingkat pelayanan, metode
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 21 Nov 2023 00:59
Last Modified: 21 Nov 2023 00:59
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2119

Actions (login required)

View Item View Item