EFEKTIVITAS ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZoSS) TERHADAP KESELAMATAN LALU LINTAS (STUDI KASUS SD NEGERI 2 CIMOHONG, BREBES)

SAFITRI, KARINA IKA (2020) EFEKTIVITAS ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZoSS) TERHADAP KESELAMATAN LALU LINTAS (STUDI KASUS SD NEGERI 2 CIMOHONG, BREBES). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16010301_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (340kB)
[img] Text (BAB 1)
16010301_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (284kB)
[img] Text (BAB 2)
16010301_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text (BAB 3)
16010301_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB 4)
16010301_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
16010301_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (538kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16010301_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)

Abstract

Keselamatan lalu lintas merupakan salah satu masalah transportasi yang erat kaitannya dengan kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas dapat menimpa siapa saja termasuk anak sekolah. Untuk meningkatkan keselamatan anak terutama pada saat anak melakukan perjalanan ke sekolah maka di lakukan pemasangan zona selamat sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan terhadap anak dengan mengetahui besar nilai efektivitas zona selamat sekolah yang terpasang. Dalam penelitian ini menggunakan metode survei dan observasi. Survei yang di lakukan diantaranta kecepatan sesaat, inventarisasi jalan, statistik uji Z, analisis pejalan kaki menyusuri jalan, dan mengukur efektivitas zona selamat sekolah. Berdasarkan hasil analisis kecepatan kendaraan melanggar rambu batas kecepatan 40 km/jam untuk sepeda motor, kendaraan ringan dan kendaraan berat. Tingkat pelayanan untuk arah Tegal dan arah Cirebon A (zone arus bebas, pengemudi dapat memilih kecepatan). Pemasangan rambu, marka dan median jalan belum sesuai dengan SK.3582/AJ.403/DRJD/2018. Pejalan kaki menyebrang jalan belum selamat dengan nilai z hitung -0,09. Sedangkan tingkat pelayanan trotoar A (orang berjalan dengan bebas, dapat menentukan arah berjalan dengan bebas, kecepatan yang relatif cepat tanpa menimbulkan gangguan) dan lebar trotoar sudah efektif. Perilaku pengantar anak sekolah belum selamat dengan nilai z hitung 0,26. Untuk tingkat efektivitas zona selamat sekolah dalam kategori kurang efektif dengan nilai 17,5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan, Kecepatan, Pejalan Kaki, Zona Selamat Sekolah (ZoSS),efektivitas
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 21 Nov 2023 00:57
Last Modified: 21 Nov 2023 00:57
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2110

Actions (login required)

View Item View Item