FAKHTIAN, FATTA ILYAZA (2020) EVALUASI RUTE DAN LOKASI HALTE BUS RAPID TRANSIT (BRT) KORIDOR II DI PALANGKA RAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
16010294_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
|
Text (BAB 1)
16010294_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (122kB) |
|
Text (BAB 2)
16010294_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
Text (BAB 3)
16010294_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
|
Text (BAB 4)
16010294_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) |
|
Text (BAB 5)
16010294_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (95kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
16010294_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
Abstract
Pemerintah Kota Palangka Raya menggunakan BRT sebagai salah satu moda transportasi di Palangka Raya. Penggunaan BRT ini memiliki tujuan yakni mampu melayani kebutuhan permintaan penumpang di sepanjang rute yang sesuai dengan lokasi bangkitan. Untuk pengoperasian BRT diperlukan adanya fasilitas penunjang, salah satunya adalah halte yang juga sesuai dengan lokasi bangkitan penumpang. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini dipilih model set covering problem dan max covering problem menggunakan aplikasi Lingo 18.0. Model set covering problem bertujuan untuk memberikan akses yang layak ke halte terdekat kepada penumpang dengan jumlah halte yang minimum. Sedangkan max covering problem bertujuan untuk menentukan lokasi halte yang akan dibangun ketika terdapat batasan jumlah dalam mendirikan halte. Kinerja rute dan operasi BRT koridor II di Kota Palangka Raya meliputi jumlah penumpang yang diangkut, faktor muat (Load Factor), waktu antara (Headway), kecepatan perjalanan dan ketersediaan angkutan (Availability) belum sesuai dengan standar sedangkan untuk waktu tunggu penumpang sudah memenuhi standar peraturan yang ditetapkan. Rute dari bus BRT koridor II di Palangka Raya sudah sesuai dengan lokasi bangkitan penumpang, tetapi untuk jadwal dan rute operasional setiap harinya belum memenuhi lokasi permintaan penumpang. Jumlah halte maksimal sesuai dengan bangkitan penumpang adalah 17 dan dengan halte optimal berjumlah 12, maka pada analisis sensitivitas dicoba 3 alternatif lain untuk melihat lokasi yang terpilih. Alternatif tersebut adalah 5,10 dan 15.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BRT; Kinerja Rute; Lokasi Halte; Set Covering Problem; Max Covering Problem |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 00:57 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 00:57 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2103 |
Actions (login required)
View Item |