PERMODELAN LAJUR KHUSUS SEPEDA MOTOR PADA RUAS JALAN Ir. H. DJUANDA, KOTA BEKASI

RACHMAN, RAYHAN (2022) PERMODELAN LAJUR KHUSUS SEPEDA MOTOR PADA RUAS JALAN Ir. H. DJUANDA, KOTA BEKASI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18010532-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (807kB)
[img] Text (BAB 1)
18010532-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (386kB)
[img] Text (BAB 2)
18010532-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18010532-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18010532-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18010532-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (371kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010532-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy

Abstract

Permodelan lajur sepeda motor di Jalan Ir. H. Djuanda, Kota Bekasi pada mikrosimulasi merupakan salah satu solusi dalam mengidentifikasi penerapan lajur sepeda motor di ruas jalan. Adapun latar belakang dari penelitian ini adalah permasalahan seperti kemacetan dan banyaknya konflik lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permodelan lajur sepeda motor di Jalan Ir. H. Djuanda guna meningkatkan kelancaran dan keselamatan jalan sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas di ruas jalan tersebut. Untuk menganalisis permasalahan diatas peneliti menggunakan permodelan dengan software Vissim. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa studi lapangan dengan cara survei volume lalu lintas, survei kecepatan kendaraan, dan survei geometrik jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permodelan mikrosimulasi lajur sepeda motor meningkatkan kecepatan rata-rata sepeda motor dari 33 km/jam menjadi 37 km/jam pada seksi 2 dan 35 km/jam menjadi 41 km/jam pada seksi 3. Dan dari hasil analisis pada software SSAM menunjukkan terjadinya penurunan konflik lalu lintas dari 1056 konflik lalu lintas menjadi 956 konflik lalu lintas. Dari hasil pembahasan dapat ditarik kesimpulan permodelan lajur sepeda motor dapat meningkatkan kecepatan rata-rata sepeda motor dan menurunkan konflik lalu lintas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Permodelan, Lajur sepeda motor, Kecepatan, Vissim, SSAM
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0532 18.01.0532
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:46
Last Modified: 11 Aug 2022 04:37
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/206

Actions (login required)

View Item View Item