PENANGANAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN MELALUI PENDEKATAN MANAJEMEN KECEPATAN BERBASIS VISSIM (STUDI KASUS: JALAN RAYA TAJUR, KOTA BOGOR, JAWA BARAT)

NUGROHO, BAYU AGUS (2020) PENANGANAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN MELALUI PENDEKATAN MANAJEMEN KECEPATAN BERBASIS VISSIM (STUDI KASUS: JALAN RAYA TAJUR, KOTA BOGOR, JAWA BARAT). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16010340_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB 1)
16010340_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (133kB)
[img] Text (BAB 2)
16010340_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[img] Text (BAB 3)
16010340_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (BAB 4)
16010340_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
16010340_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (132kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16010340_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa di jalan yang tidak diduga dan disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan/atau kerugian harta benda. Untuk menanggulangi kecelakaan lalu lintas salah satu caranya adalah dengan memetakan Daerah Rawan Kecelakaan. Jalan Raya Tajur merupakan daerah rawan kecelakaan dengan penyebab kecelakaan salah satunya adalah faktor pengemudi / pengguna jalan yang melanggar batas kecepatan sehingga diperlukan implementasi perangkat manajemen kecepatan. Manajemen kecepatan yang berkaitan dengan kontrol lalu lintas diantaranya rambu lalu lintas dan rumble stirp / TRSs (Tranverse Rumble Strips). Desain penanganan DRK berupa rambu yang dipasang di 100 meter awal titik blackspot berupa rambu batas kecepatan, rambu rumble strip dan rambu peringatan, selanjutnya diterapkan TRSs (Tranverse Rumble Strips) untuk meningkatkan kewaspadaan pengguna jalan yang nantinya kecepatan kendaraan akan berkurang secara bertahap. Sebelum diterapkan pada lokasi yang sesungguhnya, maka perlu dilakukan uji coba dan dapat dilakukan dengan software VISSIM. Setelah diterapkan pada VISSIM, didapatkan hasil dari penanganan DRK yang disertai TRSs yang dapat menurunkan kecepatan kendaraan pada ruas jalan Raya Tajur , Kota Bogor, Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Daerah Rawan Kecelakaan, Manajemen Kecepatan, VISSIM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:05
Last Modified: 18 Sep 2023 03:05
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1892

Actions (login required)

View Item View Item