KINERJA PENERAPAN RUANG HENTI KHUSUS SEPEDA MOTOR DI KOTA PURWOKERTO (STUDI KASUS RUANG HENTI KHUSUS SEPEDA MOTOR SIMPANG BERSINYAL DI KOTA PURWOKERTO)

FATUROKHMAN, AEF AJI (2020) KINERJA PENERAPAN RUANG HENTI KHUSUS SEPEDA MOTOR DI KOTA PURWOKERTO (STUDI KASUS RUANG HENTI KHUSUS SEPEDA MOTOR SIMPANG BERSINYAL DI KOTA PURWOKERTO). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16010312_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (854kB)
[img] Text (BAB 1)
16010312_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB 2)
16010312_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (BAB 3)
16010312_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text (BAB 4)
16010312_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
16010312_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (160kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16010312_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)

Abstract

Pertumbuhan sepeda motor setiap tahunnya meningkat hal ini disebabkan karena sepeda motor merupakan moda transportasi utama masyarakat Indonesia. Bertambahnya sepeda motor akan mempengaruhi kinerja suatu ruas jalan, penumpukan kendaraan sering terjadi di tiap kaki simpang maupun di ruas jalan hal ini mengakibatkan kemacetan atau tundaan di simpang atau ruas jalan. Penerapan Ruang Henti Khusus (RHK) sepeda motor pada persimpangan merupakan salah satu alternatif pemecahan masalah penumpukan sepeda motor pada persimpangan bersinyal (Idris, 2007). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja penerapan ruang henti khusus pada simpang bersinyal di Kota Purwokerto. Parameter yang digunakan pada penelitian ini adalah kondisi eksisting, kondisi lapangan dan presentase keterisian RHK. Metode penelitian dilakukan dengan cara menghitung jumlah kendaraan pada RHK dan kemudian mengetahui efektivitas penerapan RHK. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kinerja ruang henti khusus pada Simpang Alun alun pada pendekat barat dan utara telah berhasil diterapkan. Sementara pendekat timur belum berhasil diterapkan, karena tingkat keterisian RHK yang rendah kurang dari 20%. Kinerja ruang henti khusus pada Simpang Gor Satria pada semua pendekat telah berhasil diterapkan. Hal ini dikarenakan banyaknya sepeda motor yang mengisi area RHK dan pengguna jalan menaati rambu lalu lintas yang ada sehingga penerapan RHK efektif diterapkan. RHK dapat mengurangi tundaan lalu lintas dan memperbanyak kendaraan yang keluar simpang pada fase hijau. Kinerja Simpang Alun alun setelah adanya RHK pada pendekat timur dan barat LOS B dan pendekat utara LOS A. Kinerja Simpang Gor Satria setelah adanya RHK pada semua pendekat didapatkan LOS C.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ruang Henti Khusus (RHK), Sepeda Motor, Simpang Bersinyal, Efektivitas, Kinerja, LOS
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:40
Last Modified: 15 Sep 2023 03:40
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1883

Actions (login required)

View Item View Item