ANALISIS INTENSITAS CAHAYA LAMPU BELAKANG KENDARAAN BERMOTOR

HANDROW, HOSEIN (2023) ANALISIS INTENSITAS CAHAYA LAMPU BELAKANG KENDARAAN BERMOTOR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20031043-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (984kB)
[img] Text (BAB 1)
20031043-KKW-BAB_1.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB 2)
20031043-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20031043-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20031043-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20031043-KKW-BAB_5.pdf

Download (131kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20031043-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan lampu belakang yang salah menjadi salah satu faktor kecelakaan tabrak belakang, hal itu dapat terjadi karena tidak berfungsinya lampu belakang sebagai tanda atau rambu rambu bagi kendaraan dibelakangnya. Pengelihatan terhadap lampu belakang kendaraan dipengarui oleh intensitas cahaya yang dipancarkan pada kendaraan itu sendiri. Di Indonesia, belum adanya kepastian hukum yang jelas mengenai batas atau rentang nilai intensitas cahaya minimal menimbulkan adanya variasi atau tidak seragamnya intensitas lampu belakang kendaraan. Penelitian mengenai lampu belakang kendaraan bermotor ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh jenis lampu, warna lampu, dan warna mika terhadap intensitas cahaya lampu belakang pada lampu belakang kendaraan bermotor. Metode penelitian yang digunakan adalah ekperimen. Penentuan subjek dalam penelitian ini dilakukan dengan qouta sampling, yang terdiri dari 30 kendaraan untuk di ukur intensitas cahaya lampu belakangnya dan 30 responden untuk uji visual. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi terhadap kendaraan barang, eksperimen terhadap penggunaan lampu belakang dengan jenis lampu, warna lampu, warna mika yang berbeda, dan angket uji visual terhadap responden. Data observasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif, data eksperimen dianalisis dengan one way anova menggunakan aplikasi SPSS versi 2.1, data angket uji visual dianalisis melalui skala likert. Hasil dari obsevasi terhadap kendaraan menunjukan ketidak seragaman intensitas cahaya pada lampu belakang yang ada di masyarakat dengan rata rata 4,06 candela. Pada output hasil One Way Anova, penggunaan jenis lampu (pijar dan lampu LED), warna lampu (kuning dan merah), dan penggunaan mika (tanpa mika, mika merah, mika bening) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil pengukuran intensitas cahaya lampu belakang. Pada uji visual 2 candela, persentase persepsi penglihatan responden sebesar 77,04% (terlihat baik) dan pada 1 candela sebesar 61,94% (terlihat cukup).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: intensitas cahaya lampu belakang, lampu belakang kendaraan bermotor
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 20031043 20031043
Date Deposited: 24 Aug 2023 00:49
Last Modified: 24 Aug 2023 00:49
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1847

Actions (login required)

View Item View Item