RAMADHAN, FAHRI NUR (2023) STANDARDISASI WAKTU UJI DI PENGUJIAN BERKALA KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS: UPUBKB KOTA BOGOR, UPUBKB KAB. BOGOR, UPT. PRASTEKHUB PKB KOTA TANGERANG DAN UPPKB PULOGADUNG). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20031011_KKW-ABSTRAK.pdf Download (821kB) |
|
Text (BAB 1)
20031011_KKW-BAB 1.pdf Download (107kB) |
|
Text (BAB 2)
20031011_KKW-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20031011_KKW-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20031011_KKW-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
20031011_KKW-BAB 5.pdf Download (104kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20031011_KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (823kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu pelayanan publik yang ada di pengujian berkala kendaraan bermotor adalah memberikan waktu pelayanan yang pasti. Permasalahan yang terjadi adalah tidak adanya suatu standar waktu uji berkala sehingga di Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor di Indonesia memiliki waktu yang berbeda. Efek yang ditimbulkan adalah pelayanan kurang efektif dan optimal, serta tidak fokus pada keselamatan dan keamanan kendaraan bermotor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode ini akan diperoleh signifikansi perbedaan waktu setiap kendaraan yang diteliti. Teknik sampling pada penelitian ini adalah simple random sampling atau sampling random sederhana. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan Rumus Issac dan Michael. Dari hasil perhitungan sampel tersebut sampel yang harus diambil adalah 216 kendaraan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh waktu 332 detik untuk UPUBKB Kota Bogor, 285 detik untuk UPUBKB Kabupaten Bogor, 500 detik UPT. PRASTEKHUB PKB Kota Tangerang, dan 556 detik untuk UPPKB Pulogadung. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan didapatkan waktu standar pemeriksaan persyaratan teknis dan pengujian laik jalan kendaraan kendaraan konvensional adalah 249 detik 279 detik. Sedangkan waktu standar pemeriksaan persyaratan teknis dan pengujian laik jalan kendaraan listrik kendaraan listik adalah 2816 detik dan 247 detik. Hasil observasi yang dilakukan peneliti didapatkan tidak maksimalnya waktu uji berkala kendaraan bermotor karena tidak semua kegiatan pengujian berkala kendaraan bermotor dilaksanakan sesuai dengan standar operasional prosedur. Beberapa faktor yang menyebabkan tidak maksimalnya waktu uji berkala adalah intensitas kendaraan bermotor wajib uji, keahlian penguji, dan pengoperasian alat uji. Maka setiap pengujian harus melakukan evaluasi terkait tata cara dalam melakukan pemeriksaan dan pengujian kendaraan bermotor sehingga waktu yang dihasilkan akan sama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Standardisasi, Waktu Uji, Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 20031011 20031011 |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 03:20 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 03:20 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1821 |
Actions (login required)
View Item |