ARIYANTO, YOGA (2023) ANALISIS PEMERIKSAAN PERSYARATAN TEKNIS SISTEM SUSPENSI JENIS AIR SUSPENSION (STUDI KASUS BUS SINGLE DECKER). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20031029-KKW-ABSTRAK.pdf Download (467kB) |
|
Text (BAB 1)
20031029-KKW-BAB_1.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 2)
20031029-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20031029-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20031029-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
20031029-KKW-BAB_5.pdf Download (163kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20031029-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Sistem suspensi merupakan salah satu faktor penentu kenyamanan pada kendaraan angkutan umum seperti bus. Pada sebagian besar bus sudah menggunakan sistem air suspension. Tetapi pada komponen air suspension belum dilakukan pemeriksaan dengan detail, sehingga sulit untuk mendeteksi komponen yang mengalami kerusakan dan perlu dilakukan perbaikan. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis prosedur pemeriksaan persyaratan teknis sistem suspensi jenis air suspension dan menganalisis kerusakan pada komponen sistem suspensi air suspension pada kendaraan bus lantai tunggal. Metode penelitian menggunakan pendekatan secara deskriptif kualitatif, yang diawali dengan suatu permasalahan yaitu prosedur pemeriksaan persyaratan teknis sistem suspensi jenis air suspension yang akhirnya dapat ditarik suatu generalisasi yang memuat hasil temuan pada kerusakan pada komponen komponen air suspension pada kendaraan bus. Langkah yang dilakukan dalam penelitian diawali dengan melakukan observasi pada bengkel resmi Hino. Kemudian dilakukan pemeriksaan secara langsung pada pengujian kendaraan bermotor dan PO bus yang meliputi pemeriksaan kondisi, fungsi ukuran, dan dudukan pada setiap komponen, sehingga didapatkan data kerusakan pada setiap komponen air suspension untuk selanjutnya dilakukan analisis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada 41 sampel kendaraan bus lantai tunggal dengan sistem suspensi jenis air suspension, didapatkan urutan kerusakan komponen terbanyak dimulai dari komponen filter udara sebanyak 24 kerusakan, kompresor udara sebanyak 15 kerusakan, selang udara sebanyak 11 kerusakan, tangki udara sebanyak 7 kerusakan, pengatur ketinggian sebanyak 4 kerusakan, katup selenoid sebanyak 3 kerusakan, dan kerusakan yang paling sedikit ditemukan adalah kerusakan pada komponen kantong udara sebanyak 2 kerusakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengujian Kendaraan Bermotor, Air Suspension, Analisis Persyaratan Teknis dan Laik Jalan, Bus Lantai Tunggal. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 20031029 20031029 |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 01:42 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 01:42 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1802 |
Actions (login required)
View Item |