ANALISIS KINERJA DAN MANAJEMEN SIMPANG TAK BERSINYAL (STUDI KASUS SIMPANG 3 YOMANI KAB. TEGAL)

RAHMADHI, MOH. FARIZ PANJI (2023) ANALISIS KINERJA DAN MANAJEMEN SIMPANG TAK BERSINYAL (STUDI KASUS SIMPANG 3 YOMANI KAB. TEGAL). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19010636-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (381kB)
[img] Text (BAB 1)
19010636-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB 2)
19010636-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19010636-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19010636-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19010636-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (137kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19010636-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Simpang Tiga Yomani merupakan simpang tiga tak bersinyal yang berada di kawasan komersial dengan arus lalu lintas cukup tinggi pada jam sibuk tertentu, sehingga menimbulkan permasalahan lalu lintas seperti antrian kendaraan yang panjang pada simpang serta tingginya konflik lalu lintas. Untuk mengatasi permasalahan di simpang ini, diperlukan manajemen simpang yang sesuai. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode PKJI 2023 untuk menilai kinerja simpang, dengan kondisi eksisting disimulasikan menggunakan perangkat lunak VISSIM. Hasil dari simulasi eksisting divalidasi, kemudian dilakukan penerapan penanganan berupa pelebaran pendekat simpang dan penerapan simpang ber APILL 2 fase. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa manajemen simpang yang tepat untuk meningkatkan kinerja simpang yaitu pelebaran pendekat simpang dengan pelarangan parkir on-street. Penanganan ini menghasilkan penurunan panjang antrian maksimal sebesar 39,89%, tundaan simpang menjadi 9,55 detik, dan meningkatkan tingkat pelayanan menjadi kategori B. Apabila mempertimbangkan faktor keselamatan dan pelayanan jalan, alternatif penerapan APILL 2 Fase dapat digunakan dengan pengurangan konflik sebanyak 27% untuk crossing dan 94% untuk lane change, sehingga pelayanan menjadi baik dan tingkat keselamatan meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Simpang, Kinerja Simpang, VISSIM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 19.01.0636 19.01.0636
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:37
Last Modified: 21 Aug 2023 01:37
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1798

Actions (login required)

View Item View Item