ANALISIS PENINGKATAN KESELAMATAN JALAN MENGGUNAKAN METODE HAZOP (STUDI KASUS JALAN PETA KOTA BANDUNG)

BUTAR BUTAR, NOACH MATTHEUS WIBISONO (2023) ANALISIS PENINGKATAN KESELAMATAN JALAN MENGGUNAKAN METODE HAZOP (STUDI KASUS JALAN PETA KOTA BANDUNG). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19.01.0615-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (499kB)
[img] Text (BAB 1)
19.01.0615-SKRIPSI-BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB 2)
19.01.0615-SKRIPSI-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19.01.0615-SKRIPSI-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19.01.0615-SKRIPSI-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19.01.0615-SKRIPSI-BAB V.pdf

Download (122kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19.01.0615-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data kecelakaan yang diperoleh dari Satlantas Polrestabes Kota Bandung, jalan peta masuk kedalam jalan yang memiliki presentase kecelakaan yang tergolong tinggi dengan tingkat fatalitas yang juga sangat mengkhawatirkan. Kecelakaan lalu lintas tersebut disebabkan oleh manusia karena kurang tertib mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan faktor prasarana jalan yang sudah kurang layak ataupun tidak lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting pada ruas jalan Peta kota Bandung, mengetahui potensi bahaya pada ruas jalan Peta kota bandung yang kemudian dinilai menggunakan metode HAZOPS, dan membuat upaya penanganan risiko kecelakaan untuk meningkatkan keselamatan ruas jalan Peta kota Bandung. Analisis Hazard and Operability Study (HAZOPS) merupakan standar teknik analisis bahaya yang digunakan dalam persiapan penetapan keamanan dalam suatu sistem baru atau modifikasi untuk suatu keberadaan potensi bahaya, Setelah menentukan tingkat risiko, langkah selanjutnya adalah mengklasifikasikan risiko yang ada dari tingkatan terendah ke tingkat yang tinggi dimana untuk pengendalian dapat disesuaikan dengan berdasarkan potensi kecelakaan dan dampak keparahan korban kecelakaan berdasarkan tingkat fatalitas. Hasil pengkategorian risiko menggunakan analisis HAZOPS didapatkan pengkategorian risiko yaitu dengan nilai oocurence 3 dan severity 3 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dari hasil pengkategorian risiko tersebut selanjutnya dilakukan peningkatan keselamatan jalan dengan usulan penanganan berupa Self-explaining yaitu setiap jalan yang digunakan lalu lintas wajib dilengkapi dengan perlengkapan jalan. Kata Kunci: Potensi Bahaya, Penilaian Risiko, HAZOPS, Keselamatan Jalan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 19.01.0615 19.01.0615
Date Deposited: 18 Aug 2023 01:10
Last Modified: 18 Aug 2023 01:10
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1773

Actions (login required)

View Item View Item