ANALISIS SISTEM KERJA SUSPENSI JENIS KENDARAAN PICK UP

ANJANI, TRESYA DEWI (2023) ANALISIS SISTEM KERJA SUSPENSI JENIS KENDARAAN PICK UP. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20031055-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (371kB)
[img] Text (BAB 1)
20031055-KKW-BAB_1.pdf

Download (115kB)
[img] Text (BAB 2)
20031055-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20031055-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20031055-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20031055-KKW-BAB_5.pdf

Download (116kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20031055-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada masa ini, kendaraan overloading merupakan salah satu masalah yang serius di Indonesia. Sistem suspensi merupakan salah satu komponen kendaraan yang penting terkait kenyamanan dan keselamatan berkendara, apabila menumpu muatan berlebih akan berpotensi mengurangi kinerja suspensi sehingga kendaraan menjadi kurang optimal dan berpotensi mengalami kegagalan karena melewati batas lelah materialnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja, tingkat kekuatan, kenyamanan dan keamanan komponen suspensi pada jenis kendaraan pick up yang berbeda. Metode penelitian ini yaitu eksperimen dengan memberi variasi beban pada kendaraan untuk mendapat data terkait kinerja suspensi. Dari hasil penelitian dan penghitungan yang telah dilakukan, dengan urutan sebelum dilakukan pembebanan, beban sesuai JBI, >10% dari JBI, >15% dari JBI dan >20% dari JBI. Didapat nilai bending stress Gran max sebesar 140,5 N/mm2 , 242,8 N/mm2 , 267,1 N/mm2 , 279,3 N/mm2 dan 291,4 N/mm2 . Kemudian didapat bending stress New Carry sebesar 152,5 N/mm2 , 292,7 N/mm2 , 321,9 N/mm2 , 336,6 N/mm2 dan 351,2 N/mm2 . Hasil defleksi Gran Max yaitu 0,076 mm, 0,13 mm, 0,14 mm, 0,15 mm dan 0,16 mm. Sedangkan defleksi New Carry yaitu sebesar 0,086 mm, 0,17 mm, 0,18 mm, 0,19 mm dan 0,20 mm. Terakhir hasil dari penghitungan safety factor pada Gran Max yaitu 10,45, 6,05, 5,5, 5,26 dan 5,05. Sedangkan pada New Carry yaitu 9,64, 5,02, 4,57, 4,37 dan 4,19. Pegas lebih kuat, lebih nyaman dan lebih aman Pick Up Daihatsu Gran Max dibandingkan New Carry dengan dua kendaraan yang memiliki kinerja sistem suspensi baik dalam meredam kejut dari permukaan jalan, karena tidak terdapat kerusakan pada komponennya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Suspensi, Pick Up, Gran Max, New Carry, Pembebanan, Teknologi Otomotif
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 20031055 20031055
Date Deposited: 16 Aug 2023 06:20
Last Modified: 16 Aug 2023 06:20
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1771

Actions (login required)

View Item View Item