INSPEKSI KESELAMATAN JALAN DENGAN METODE FAILURE MODE and EFFECT ANALYSIS (FMEA) (STUDI KASUS: RUAS JALAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG)

AMIEN, MULYO BALADIL (2023) INSPEKSI KESELAMATAN JALAN DENGAN METODE FAILURE MODE and EFFECT ANALYSIS (FMEA) (STUDI KASUS: RUAS JALAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19010675-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (735kB)
[img] Text (BAB 1)
19010675-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (396kB)
[img] Text (BAB 2)
19010675-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19010675-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19010675-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19010675-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (379kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19010675-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keselamatan jalan merupakan upaya dalam penanggulangan kecelakaan yang terjadi di jalan raya. Keselamatan di jalan merupakan suatu masalah yang serius sehingga harus segera dilakukan penanganan. Salah satu upaya untuk menentukan penanganan yaitu dengan melakukan inspeksi keselamatan jalan. Inspeksi keselamatan jalan dilakukan untuk mengidentifikasi potensi bahaya, konflik lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas. Jalan mojoagung merupakan salah satu jalan yang diketahui kawasan Daerah Rawan Kecelakaan (DRK) di Kabupaten Jombang. Jalan ini termasuk jalan nasional pada daerah komersil sehingga memicu potensi kecelakaan yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan inspeksi keselamatan jalan dengan mengidentifikasi kondisi eksisting, hazard, serta menilai resiko untuk menentukan usulan penanganan dalam mereduksi risiko kecelakaan guna meningkatkan keselamatan pada jalan raya mojo agung. Metode yang digunakan yaitu Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dengan mengidentifikasi bahaya di tiap satu wilayah lokasi rawan kecelakaan serta menentukan penanganan jangka pendek dalam 1-5 tahun kedepan. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa potensi kecelakaan pada jalan mojo agung disebabkan oleh adanya akses keluar masuk jalan, rusaknya infrastruktur jalan, terjadinya naik turun penumpang di badan jalan, serta banyaknya bahaya sisi jalan akibat pemasangan rambu dan tiang listrik. Oleh karena itu berbagai pemasangan rambu dan marka menjadi penanganan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat dirumuskan berbagai saran untuk pihak terkait seperti dinas perhubungan kabupaten jombang, polres kabupaten jombang, serta bagi peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inspeksi, Hazard, Resiko, FMEA
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 19.01.0675 19.01.0675
Date Deposited: 16 Aug 2023 01:00
Last Modified: 16 Aug 2023 01:00
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item View Item