PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADDITIVE OCTANE BOOSTER PADA PERTAMAX TERHADAP KINERJA MESIN DAN EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR

SASONGKO, WAHYU DWI (2023) PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADDITIVE OCTANE BOOSTER PADA PERTAMAX TERHADAP KINERJA MESIN DAN EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20031056-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (483kB)
[img] Text (BAB 1)
20031056-KKW-BAB_1.pdf

Download (110kB)
[img] Text (BAB 2)
20031056-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20031056-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20031056-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20031056-KKW-BAB_5.pdf

Download (122kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20031056-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan kendaraan bermotor di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang cukup pesat. Kebutuhan manusia akan kendaraan bermotor khususnya mobil bukan hanya sebagai kebutuhan sarana angkutan saja, namun telah berkembang menjadi kebutuhan pribadi. Trending yang terjadi pada masa kini yaitu dengan memodifikasi dalam peningkatan kecepatan pada mobil oleh para remaja yang salah satunya dengan memberikan penambahan zat additive pada bahan bakar. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data primer pada penelitian ini dilakukan menggunakan metode observasi dengan melakukan secara langsung dalam menggali informasi terhadap kajian penelitian. Pada penelitian terkait kajian ini menggunakan variasi putaran mesin yaitu idle, 1000 rpm, 2000 rpm, dan 3000 rpm pada pengujian emisi gas buang dan pada pengujian dinamometer menggunakan variasi putaran mesin 2000 rpm, 3000 rpm, 5000 rpm dan 6000 rpm. Pada kinerja mesin yang dilakukan pada pengujian dynamometer dan pengujian roadtest Daya, torsi dan konsumsi bahan bakar mengalami kenaikan lebih baik dibandingkan sebelum dicampurkan zat aditif. Zat aditif dengan penambahan 20 ml menjadi rekomendasi untuk peningkatan kinerja mesin yang baik. Pada pengujian emisi gas buang kendaraan penambahan zat aditif dapat memperbaiki kadar gas yang ada pada emisi gas buang kendaraan, penambahan 20ml zat aditif pada bahan bakar lebih disarankan untuk memperbaiki proses pembakaran pada mesin kendaraan bermotor yang lebih sempurna,

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Zat aditif, kinerja mesin, emisi gas buang kendaraan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 20031056 20031056
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:21
Last Modified: 21 Aug 2023 01:21
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1757

Actions (login required)

View Item View Item