MIKROSIMULASI PTV VISSIM DALAM REDUKSI KECEPATAN KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS : PERSIMPANGAN JEMBATAN 3, JL. INSPEKSI KALIMALANG, KABUPATEN BEKASI)

PAKPAHAN, TANIA OLIVIA MARGARETTA (2022) MIKROSIMULASI PTV VISSIM DALAM REDUKSI KECEPATAN KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS : PERSIMPANGAN JEMBATAN 3, JL. INSPEKSI KALIMALANG, KABUPATEN BEKASI). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18010565-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text (BAB I)
18010565-SKRIPSI-BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB II)
18010565-SKRIPSI-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
18010565-SKRIPSI-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
18010565-SKRIPSI-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
18010565-SKRIPSI-BAB V.pdf

Download (107kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010565-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan adalah mengemudi dengan kecepatan tinggi. Pengemudi dengan kecepatan tinggi akan mengurangi waktu tempuh untuk mencapai suatu tempat, namun berkendara dengan kecepatan tinggi akan menambah resiko kecelakaan bagi pengguna jalan. Tujuan penelitian adalah mengetahui kondisi eksisting perlengkapan jalan, mengetahui kecepatan pengendara setelah diadakan penerapan alat pengendali kecepatan, dan Untuk memberikan alternatif penanganan permasalahan di Simpang Jembatan 3 Jl. Inspeksi Kalimalang, Kabupaten Bekasi. Simpang Jembatan 3 Jl. Inspeksi Kalimalang, Kabupaten Bekasi merupakan daerah rawan kecelakaan. Kejadian kecelakaan menurut Badan Pusat Stastik (BPS) tahun 2019 kecelakaan mobil sebesar 84 kejadian dan kecelakaan sepeda motor sebesar 816 kejadian. Metode penelitian yang digunakan metode persentil 85 dengan survei pengambilan data kecepatan menggunakan survei spot speed. Analisis kecepatan kendaraan untuk mengetahui kecepatan kendaraan yang melewati simpang tersebut. Untuk simulasi perangkat manajemen kecepatan menggunakan Software Vissim dan untuk mengetahui konflik yang terjadi di simpang menggunakan Software SSAM. Berdasarkan hasil analisis penelitian kondisi perlengkapan jalan cukup baik, namun ada beberapa rambu yang tidak ada seperti rambu batas kecepatan dan Alat Pemberi Isyarat Lampu (APIL) satu warna dalam kondisi rusak. Hasil analisis menggunakan persentil 85 sesuai Peraturan Menteri Nomor 111 Tahun 2015 tentang Penetapan Batas Kecepatan diperoleh Simpang Jembatan 3 Kalimalang, Kabupaten Bekasi batas kecepatan paling tinggi 40 km/jam. Alternatif penanganan untuk menurunkan kecepatan yaitu penerapan traffic calming pada Simpang Jembatan 3 Jl. Inspeksi Kalimalang, Kabupaten Bekasi berupa penambahan kebutuhan rambu, marka, dan pita penggaduh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Simpang, Persentil 85, Vissim, SSAM.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Depositing User: 18.01.0565 18.01.0565
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:56
Last Modified: 09 Aug 2022 07:56
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item View Item